ANALISA FAKTOR DETERMINAN INDUSTRI PARIWISATA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH NUSA TENGGARA TIMUR

  • Donny T.S Junias Raden Setyo Budi Suharto Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Era otonimo daerah dapat dimanfaatkan pemerintah daerah setempat untuk mengembangkan potensi daerah yang dimiliki, salah satunya adalah sector pariwisata yang dapat berimplikasi positif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat dan potensi penerimaan pendapatan asli daerah.


            Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari factor determinan keberhasilan industri pariwisata serta dapat dijadikan dasar pengembangan model pemberdayaan dan penguatan potensi pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang menjadi salah satu pintu gerbang industri pariwisata di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori dan model penelitian menggunakan regresi linier berganda.


            Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pendapatan Pajak sebagai aspek ekonomi pemerintah memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah dimana pendapatan pajak mampu memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan Asli Daerah. Ketersediaan lapangan pekerjaan sebagai aspek social dan kantor pos sebagai aspek komunikasi belum berkontribusi nyata terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah yang dikarenakan sector pekerjaan yang digeluti oleh masyarakat mayoritas masih berada pada sector informal seperti pertanian dan perkebunan rakyat, perikanan, serta peternakan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan sendiri/keluarga, dan juga bahwa jumlah kantor pos yang ada belum digunakan secara optimal oleh masyarakat yang hanya dimanfaatkan untuk keperluan tertentu saja seperti mengirimkan lamaran pekerjaan, membayar pajak dan rekening tagihan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-18
How to Cite
RADEN SETYO BUDI SUHARTO, Donny T.S Junias. ANALISA FAKTOR DETERMINAN INDUSTRI PARIWISATA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH NUSA TENGGARA TIMUR. JAKA - Jurnal Jurusan Akuntasi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 11-18, dec. 2018. ISSN 2528-0651. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jaka/article/view/262>. Date accessed: 24 apr. 2024.