SISTEM DAN PROSEDUR PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA KUPANG (STUDI KASUS PADA DINAS PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA KUPANG DAN PERUSAHAAN DAERAH PASAR KOTA KUPANG)

  • Ayu Audina Mello Jasintha Dessy Tapatfeto Sulce Ifone Nafi Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Keberhasilan APBD bertumbu pada para pedagang yang menjadi sumber penerimaan retribusi, mengingat retribusi pasar sebagai sumber pendapatan asli daerah yang potensial. Untuk mendukung hal tersebut tentunya diperlukan sebuah sistem dan prosedur pemungutan retribusi pasar yang jelas dan transparan yaitu berdasarkan standar pemerintah yaitu Kepmendagri Nomor 21 Tahun 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui system dan prosedur retribusi pasar dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di kota kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisa data deskriptif kualitatif menggunakan teknik analisa sistem dan prosedur pemungutan retribusi pasar, dan formulir atau catatan akuntansi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pemungutan retribusi pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Kupang belum sepenuhnya menggunakan standar pemerintah menurut Kepmendagri Nomor 21 Tahun 2011. Hal ini terlihat dari 1). Adanya pembuatan dokumen SKR oleh pihak PD. Pasar yang mana seharusnya pembuatan dokumen SKR berdasarkan Kepmendagri Nomor 21 tahun 2011 dilakukan oleh kepala SKPD/ Pengguna Anggaran. 2). Dari pihak PD. Pasar juga hanya memberikan laporan rekapitulasi dan SPJ kepada Dinas Pendapatan Daerah Kota Kupang selaku SKPD, sedangkan berdasarkan Kepmendagri Nomor 21 tahun 2011 dokumen yang harus diserahkan untuk dipertanggungjawabkan adalah BKU Penerimaan, Buku Pembantu, Buku Rekapitulasi dan SPJ. Dampak dari hal ini ialah menimbulkan adanya peluang untuk melakukan kecurangan yang akan berdampak pada penerimaan Retribusi Pasar.

Published
2018-12-18
How to Cite
SULCE IFONE NAFI, Ayu Audina Mello Jasintha Dessy Tapatfeto. SISTEM DAN PROSEDUR PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA KUPANG (STUDI KASUS PADA DINAS PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA KUPANG DAN PERUSAHAAN DAERAH PASAR KOTA KUPANG). Jaka - Jurnal Jurusan Akuntasi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 84-110, dec. 2018. ISSN 2528-0651. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jaka/article/view/271>. Date accessed: 20 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.32511/jaka.v3i1.234.