PENGARUH SUDUT PITCH PADA BLADE TERHADAP KINERJA TURBIN ANGIN SUMBU VERTIKAL TIPE DARRIEUS-H NACA 3412

  • Fina Andika Frida Astuti Politeknik Negeri Malang

Abstract

Bagian Energi angin merupakan energi terbaharukan yang pemanfaatannya masih belum dikembangkan secara maksimal. Pemanfaatan turbin angin, energi angin dirubah menjadi energi mekanik dan untuk menghasilkan listrik melalui generator. Turbin angin selain ramah lingkungan, murah, mudah dioperasikan dan mudah untuk dilakukan pemeliharaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  sudut pitch terhadap kinerja untuk tipe turbin angin sumbu vertikal darrieus H dengan profil NACA 3412. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental, dengan sudut pitch,jumlah sudu dan kecepatan angin yang divariasikan. Sudut pitch yang diberikan adalah -200 , -100, 00, 100,200,300 . Kecepan angin yang diberikan adalah 3,0 m/s, 3,5 m/s,, dan 3,9 m/s. Jumlah sudu yang diugunakan adalah 2 unit, 3 unit dan 4 unit. Kinerja turbin angin dilihat dari daya listrik yang dihasilkan (W). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudut pitch pada semua kecepatan angin mempunyai pengaruh terhadap daya listrik yang dihasilkan turbin angin. Daya listrik tertinggi terdapat pada sudut pitch 00 (4,7 W) pada kecepatan angin 3,5 m/s . Daya berangsur angsur kecil dengan bertambahnya sudut pitch baik sudut pitch negatif maupun sudut pitch positif pada semua kecepatan angin. Pada semua unit sudu, variasi sudut pitch memberikan pengaruh terhadap daya listrik yang dihasilkan. Pada sudut pitch 00 daya listrik yang dihasilkan adalah paling besar. Pada sudu 2 unit sebesar 4,7 W, pada sudu 3 unit sebesar 5 W dan pada sudu 4 Unit sebesar 5 W. Dengan bertambahnya sudut pitch daya listrik akan semakin menurun. Daya listrik terkecil terjadi pada sudut pitch -200 dengan jumlah sudu 2 unit yaitu sebesar 3 Watt


ini berisi intisari (abstrak) dari penelitian anda, Semua informasi tentang persyaratan dan format ada dalam template ini. Bacalah secara teliti dan mohon diperhatikan jangan mengubah format. Agar sama dengan format ini, Anda kami sarankan untuk melakukan copy bagain per bagian dari jurnal yang sudah anda siapkan dan menempelkan/paste pada bagian template yang sesuai. Maksimum abstrak adalah 150 kata, dan maksimum halaman untuk setiap jurnal adalah lima belas (15).


 


Kata kunci: turbin angin, darieus-h, sumbu vertikal

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-06
How to Cite
ASTUTI, Fina Andika Frida. PENGARUH SUDUT PITCH PADA BLADE TERHADAP KINERJA TURBIN ANGIN SUMBU VERTIKAL TIPE DARRIEUS-H NACA 3412. Jurnal Teknik Mesin, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 72-76, dec. 2019. ISSN 2656-422X. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/JTM/article/view/616>. Date accessed: 03 july 2020. doi: https://doi.org/10.32511/jtm.v2i2.616.