RANCANG BANGUN ALAT PEMISAH SISTIM ROTARI

  • john chrisano woen mahasiswa
  • Syahrul Bahari Politeknik Negeri Kupang
  • Nasaruddin Nasaruddin Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Salah satu persoalan yang  dihadapi masyarakat di Nusa Tenggara Timur, khususnya Kabupaten Timor Tengah Utara dalam proses pembangunan khususnya dalam proses pemisah pasir, masih dilakukan dengan cara manual. Proses ini kurang efektif dikarenakan penggunaan konstruksi yang sederhana sehingga dalam proses pengerjaan membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak untuk bisa meningkatkan kapasitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain, merencanakan serta membuat alat pemisah pasir sistem rotari yang dapat digunakan untuk memper mudah proses pemisahan pasir baikdari pemanfaatan waktu dan tenaga kerja dengan rumusan masalah adalah Bagaimana pengaruh putaran, beban dan waktu terhadap kapasitas hasil ayakan dan juga ada beberapa batasan masalah seperti merencanakan komponen, membuat dan memilih komponen, merakit alat dan melakukan uji fungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini diawali dengan melakukan survey dan observasi tentang persoalan yang ada, dilanjutkan dengan identifikasi masalah dan kajian pustaka. Langkah selanjutnya adalah perencanaan alat dan pembuatan gambar kerja. Setelah gambar kerja selesai, langkah berikutnya adalah penyediaan alat dan bahan, pembuatan komponen dan  konstruksi alat, perakitan, kemudian uji coba fungsional alat dan terakhir melakukan uji coba kinerja alat. Diharapkan dengan  adanya alat ini, dapat mem bantu dan memper mudah masyarakat dalam proses pembangunan di wilayah Nusa Tenggara Timur, Khususnya Kabupaten Timor Tengah Utara.


Hasil analisa yang diperoleh terhadap variable putaran, beban dan waktu terhadap kapasitas  yaitu :Untuk Pasirsungai,pada tiga putaran yang beberbeda (150 rpm, 180 rpm dan 200 rpm), dengan beban yang sama (50 kg) dan waktu yang sama pula (30 detik), putaran yang tepat dan menghasilkan kapasitas yang maksimal yaitu pada  putaran 180 rpm dengan hasil 47 kg/30 detik.Sedangkan untuk pasirlaut dengan putaran, beban dan waktu yang sama mendapatkan kapasitas maksimal padaputaran 180 rpm dengan kapasitas 48,3 kg.


Kata Kunci : Pasir, Alat pemisah, Kapasitas

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Syahrul Bahari, Politeknik Negeri Kupang

Dosen Politeknik  Negeri Kupang, Jurusan Teknik Mesin

Nasaruddin Nasaruddin, Politeknik Negeri Kupang

Dosen Jurusan Teknik Mesin_Politeknik Negeri Kupang

References

Angga Sateria., dkk, 2019, Rancang Bangun Mesin Pengayak Pasir Untuk Meningkatkan Produktivitas Pengayakan Pasir Pada Pekerja Bangunan, Jurnal Teknologi Manufaktur, Vol.11, No.01

Dwiy Rikatani, (2011). Macam – macam motor bakar dan prinsip kerja motor bakar.

Fadhlullah, (2016). Teknologi ayak pasir yang ada di masyarakat.

Ivander Eulama (2019) Pegembagan Mesin Pegayak Pasir Bergerak Horisontal Degan Kemirigan 200 Dan Corong Pegarah, skripsi jurusan teknik mesin, politekni negeri kupang.

Jufrizal, (2017). Jenis- jenis teknologi ayak pasir semi mekanis dan manual.(2017). Analisis penggunaan pasir sebagai agregat halus dalam pembuatan beton.

Sudaryo dan Sutjipto, (2009). Pengertian pengayak pasir dan jenis-jenis teknologi yang sudah ada.
Published
2023-07-15
How to Cite
WOEN, john chrisano; BAHARI, Syahrul; NASARUDDIN, Nasaruddin. RANCANG BANGUN ALAT PEMISAH SISTIM ROTARI. Jurnal Teknik Mesin, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-5, july 2023. ISSN 2656-422X. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/JTM/article/view/828>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.32511/jtm.v4i2.828.