Analisis Model Antrian Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang

  • Theresia Novita Rato Politeknik Negeri Kupang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui karakteristik sistem pelayanan pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang, 2) menemukan model antrian yang dapat diterapkan pada sistem pelayanan di Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang, dan 3) mengidentifikasi tingkat  pelayanan pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang.


Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Convenience Sampling. Untuk menganalisis masalah pertama yaitu dengan melakukan pengamatan  terhadap karakteristik  sistem  pelayanan yang  terjadi di Koperasi Kredt Swasti Sari Kupang. Untuk  menganalisis  masalah  kedua  menggunakan  model antrian, dari keempat model tersebut dipilih salah satu model yang paling cocok dengan teknis pelaksanaannya. Sedangkan untuk masalah ketiga yaitu dengan menghitung  karakteristik operasi sistem pelayanan serta menghitung biaya fasilitas dan biaya antri yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus tingkat pelayanan optimal.


Hasil, karakteristik sistem pelayanan di koperasi terdiri dari karakteristik kedatangan,  karakteristik antrian, dan karakteristik fasilitas pelayanan. Hasil pengujian terhadap empat model antrian dengan teknis pelaksanaannya di lapangan diketahui bahwa model antrian yang paling sesuai adalah model antrian Single Channel – Multi Phase. Hasil  pegujian tingkat pelayanan diketahui bahwa tingkat pelayanan Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang belum optimal karena tingkat rata-rata  pelayanan (μ) saat ini lebih kecil yaitu hanya 7,80 nasabah  per jam, bila dibandingkan dengan kondisi idealnya sebesar  9,38  orang per jam, dengan nilai tingkat pelayanan optimal (μ optimal) yaitu  sebesar 83,17% dari kapasitas pelayanan optimal.

Published
2022-12-30
How to Cite
RATO, Theresia Novita. Analisis Model Antrian Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 33-47, dec. 2022. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/1007>. Date accessed: 01 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v7i2.1007.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.