Analisis Penerapan Bauran Pemasaran 7P di Hotel Ima Kupang

  • Margaretha Sartien Kabanga Politeknik Negeri Kupang, Kupang, Indonesia

Abstract

Gaya hidup konsumen yang berbeda dan persaingan yang ketat membuat hotel Ima harus memiliki strategi pemasaran yang tepat agar hotel dapat mencapai target yang diinginkan. Dalam mendekripsikan analis bauran pemasaran yang tepat pada Hotel Ima digunakan marketing mix 7p. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan wawancara. Wawancara dilakukan kepada CEO, manajer pemasaran, general manajer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada product, produk utama Hotel Ima adalah kamar dengan berbagai tipe dan fasilitas. Untuk price, dalam penetapan harga Hotel Ima mengacu pada fasilitas, standart bintang, serta melihat kompetitor. Untuk Promotion, terdapat dua strategi diterapkan dalam Hotel Ima yaitu pull dan push strategi. Untuk Place, letak Hotel Ima strategis. Untuk People, karyawan melakukan pelayanan yang baik, cepat, ramah, teliti dan akurat. Pada Process, dalam proses jasa Hotel Ima diawali dengan peran marketing & sales dan segala proses hasil pemasaran dilaporkan oleh manajer pemasaran. Terakhir Physical Evidence, Hotel ima memiliki bangunan yang kokoh dan klasik.

References

Abubakar, S.G., dkk. (2015). Achieving a Sustainable Competitive Advantage and
Market Growth Through Marketing Strategy: A Case Example of a Small Family
Coffee Shop. International Journal of Advanced Academic Research, 1(3).
Alma, B. (2002). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Assauri, S. (2009). Manajemen Pemasaran Dasar,Konsep dan Strategi (1
st Ed.).
Jakarta: Raja Grafindo Persada
Atmoko, P.H., Widyaningsih, H. (2018). Manajemen dan Bisnis Perhotelan.
Yogyakarta: Explore.
Bangre, R., Ghaisas, B.P., Ghangale, S.I. (2015). A Study of Service Marketing Mix
Impact on Increasing of It Services Customers with Reference to Selected It
Firms Operating In Pune City. International Journal of Advance Research in
Computer Science and Management Studies, 3(6).
Bhardwaj, N., Maharshi, N. (2014). Interplay of 7Ps of Marketing Mix in Customer
Acquisition: An Empirical Study of Retail Banking. The International Journal of
Business & Management, 2(8).
Dominici, G. (2009). From Marketing Mix to E- Marketing Mix: A Literature Overview
and Classification. International Journal of Business and Management, 4(9).
Goi, C.L. (2009). A Review of Marketing Mix: 4Ps or more? International Journal of
Marketing Studies 1(1).
Gujral, M., Rauzela, M., Chuchu, T. (2016). An Application of the Marketing Mix and
Online Marketing as a Business Strategy for SMME Cafés in South Africa.
Journal of Economics and Behavioral Studies, 8(3).
Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kennedy, J.E., Soemanegara, D.R. (2006). Marketing Communication: Taktik &
Strategi. Jakarta: Gramedia.
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jakarta: Indeks.
Kotler, P., Ang, S.H, Leong, S.M., Tan, C.T. (2010). Marketing Management: An Asian
Perspective, Thrid Edition. Alih Bahasa Prasetyo. New Jersey: Pearson
Education, Inc.
Kotler, P., Armstrong, G. (2013). Principles Of Marketing. Thirteenth Edition. New
Jersey: Pearson Education, Inc.
Lovelock, C., Wirtz, J. (2011). Service Marketing, People, Technology, Strategy. New
Jersey: Prentice Hall Upper Sadle River.
Lupiyoadi, R. dan Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa (2nd Ed.). Jakarta:
Salemba Empat.
Meng, S.K. dan Chatwin, C. (2012). Measuring E-Marketing Mix Elements for Online
Business. International Journal of E-Entrepreneurship and Innovation, 3(3).
Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prapannetivuth, A. (2015). The Marketing Mix in Small Sized Hotels: A Case of Pattaya,
Thailand. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic,
Business and Industrial Engineering, 9(11).
Simamora, B. (2004). Riset Pemasaran (1st Ed.). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Solomon, M.L., Elnora W.S. (2003). Marketing (3rd Ed.). Pearson Education. Prentice
Hall.
Published
2023-06-30
How to Cite
KABANGA, Margaretha Sartien. Analisis Penerapan Bauran Pemasaran 7P di Hotel Ima Kupang. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 11-26, june 2023. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/1116>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v8i1.1116.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.