Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Meubel Sumber Kasih Sikumana Kota Kupang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada meubel sumber kasih sikumanadi Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data penelitian adalah wawancara tertulis. Alat pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis linear sederhana. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X kualitas produk dan variabel terikat (Y) adalah kepuasan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di Sikumana Kota Kupang pada Meubel Sumber Kasih Bulan September sampai bulan November 2020. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen meubel sumber kasih .Sampel yang ditetapkan sebanyak 30 orang (Accidental Sampling) yang sudah pernah membeli produk pada Meubel Sumber Kasih .Teknik yang digunakan adalah teknik Accidenial Random sampling, yang merupakan pemilihan sampel oleh peneliti yang kebetulan ditemui pada saat pengambilan data.Instrumen yang digunakan valid dan reliabel, sedangkan uji prasyarat analisis menunjukkan adanya pengaruh antara Kualitas Produk kepuasan konsumen yang dibuktikan dengan analisis regresi linier berganda dan uji F pada datanya. Teknik Analisis data menggunakan analisis anova satu jalur.Hasil penelitian mwnggunakan regresi linear sederhana menunjukan bahwa Nilai thitung = 4,180 dikonsultasikan dengan ttabel = 2,048 pada taraf signifikansi 5%. .Hasil perhitungan statistik menunjukan nilai Fhitung sebesar 17,472 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan pada taraf signifikan 5% dan db= N-2 = 30-2 = 28 maka diperoleh Ftabel sebesar 3,34 sehingga nilai Fhitungsebesar 17,472> nilai Ftabel sebesar 3,34.Hasil pengujian menggunakan uji F diketahui thitung ≥ ttabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan diinterpretasikan bahwa ada pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Maka dalam hal ini kualitas produk yang semakin baik memberi pengaruh terhadap kepuasan konsumen dan semakin meningkatkan jumlah produk meubel yang terjual.
References
Fanggidae, J. P. (2020). Analisa Penggunaan Public Figure Sebagai Endorser dan Asosiasi Merk Produk Minuman Berenergi. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 5(01), 1-7.
Nick, G., Kovács, T., Kő, A., & Kádár, B. (2021). Industry 4.0 readiness in manufacturing: Company Compass 2.0, a renewed framework and solution for Industry 4.0 maturity assessment. Procedia Manufacturing, 54, 39-44.
Samadara, P., & Sayd, A. I. (2019). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pengguna Grab Motor di Kota Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 4(02), 1-8.
Story, D. A., & Tait, A. R. (2019). Survey research. Anesthesiology, 130(2), 192-202.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian bisnis kuantitatif dan R&D. cetakan 16. Alfabeta: Bandung.
Sukartha, P. D., & Fanggidae, J. P. (2020). Dampak Iklan Televisi Terhadap Anak dan Perilaku Pembelian Orang Tua di Kota Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 5(02), 16-23.
Hak cipta dari setiap artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini dipegang oleh penulis. Penulis memberikan kepada jurnal hak non-eksklusif untuk menerbitkan dan mendistribusikan artikel tersebut, serta mengizinkan pihak ketiga untuk menggunakan artikel tersebut selama penggunaan tersebut menyebutkan penulis asli dan sumber publikasi.
Semua konten dalam jurnal ini tersedia di bawah lisensi Creative Commons Attribution (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan pihak lain mendistribusikan, mengubah, memperbaiki, dan membangun karya jurnal ini, membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan pengakuan yang sesuai kepada penulis asli dan sumber publikasi serta melisensikan ciptaan turunan dibawah syarat yang serupa.
Penulis mempertahankan hak untuk:
- Membuat dan mendistribusikan salinan dari artikel yang diterbitkan dalam bentuk cetak atau digital kepada rekan kerja, kolaborator, atau pihak ketiga lainnya.
- Memasukkan artikel tersebut dalam tesis atau disertasi.
- Menggunakan seluruh atau sebagian artikel tersebut dalam buku atau karya lainnya.
- Menggunakan ilustrasi atau data dari artikel tersebut dalam karya masa depan.
Dengan menyerahkan artikel ke jurnal ini, penulis setuju dengan persyaratan hak cipta yang diuraikan di atas.