Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Meubel Sumber Kasih Sikumana Kota Kupang

  • Shinta Tantriadisti Politeknik Negeri Lampung, Lampung, Indonesia
  • Maria Ulfah Politeknik Negeri Lampung, Lampung, Indonesia
  • I Putu Ajie Windu Kertayoga Lampung University, Lampung, Indonesia
  • Ronald Renoat Politeknik Negeri Kupang, Kupang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada meubel sumber kasih sikumanadi Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data penelitian adalah wawancara tertulis. Alat pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis linear sederhana. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X kualitas produk dan variabel terikat (Y) adalah kepuasan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di Sikumana Kota Kupang pada Meubel Sumber Kasih Bulan September sampai bulan November 2020. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen meubel sumber kasih .Sampel yang ditetapkan sebanyak 30 orang (Accidental Sampling) yang sudah pernah membeli produk pada Meubel Sumber Kasih .Teknik yang digunakan adalah teknik Accidenial Random sampling, yang merupakan pemilihan sampel oleh peneliti yang kebetulan ditemui pada saat pengambilan data.Instrumen yang digunakan valid dan reliabel, sedangkan uji prasyarat analisis menunjukkan adanya pengaruh antara Kualitas Produk kepuasan konsumen yang dibuktikan dengan analisis regresi linier berganda dan uji F pada datanya. Teknik Analisis data menggunakan analisis anova satu jalur.Hasil penelitian mwnggunakan regresi linear sederhana menunjukan bahwa Nilai thitung = 4,180 dikonsultasikan dengan ttabel = 2,048 pada taraf signifikansi 5%. .Hasil perhitungan statistik menunjukan nilai Fhitung sebesar 17,472 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan pada taraf signifikan 5% dan db= N-2 = 30-2 = 28 maka diperoleh Ftabel sebesar 3,34 sehingga nilai Fhitungsebesar 17,472> nilai Ftabel sebesar 3,34.Hasil pengujian menggunakan uji F diketahui thitung ≥ ttabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan diinterpretasikan bahwa ada pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Maka dalam hal ini kualitas produk yang semakin baik memberi pengaruh terhadap kepuasan konsumen dan semakin meningkatkan jumlah produk meubel yang terjual.

References

Fadhilah, M. (2019). Penegakan hukum persaingan usaha tidak sehat oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam kerangka ekstrateritorial. Jurnal Wawasan Yuridika, 3(1), 55-72.
Fanggidae, J. P. (2020). Analisa Penggunaan Public Figure Sebagai Endorser dan Asosiasi Merk Produk Minuman Berenergi. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 5(01), 1-7.
Nick, G., Kovács, T., Kő, A., & Kádár, B. (2021). Industry 4.0 readiness in manufacturing: Company Compass 2.0, a renewed framework and solution for Industry 4.0 maturity assessment. Procedia Manufacturing, 54, 39-44.
Samadara, P., & Sayd, A. I. (2019). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pengguna Grab Motor di Kota Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 4(02), 1-8.
Story, D. A., & Tait, A. R. (2019). Survey research. Anesthesiology, 130(2), 192-202.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian bisnis kuantitatif dan R&D. cetakan 16. Alfabeta: Bandung.
Sukartha, P. D., & Fanggidae, J. P. (2020). Dampak Iklan Televisi Terhadap Anak dan Perilaku Pembelian Orang Tua di Kota Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 5(02), 16-23.
Published
2023-06-30
How to Cite
TANTRIADISTI, Shinta et al. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Meubel Sumber Kasih Sikumana Kota Kupang. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 50-55, june 2023. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/1120>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v8i1.1120.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.