Pengaruh Product Knowledge terhadap Minat Beli Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Kupang

  • Luluk Irawati Politeknik Negeri Lampung
  • Muhammad Zaini
  • Ronald Renoat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh product knowledge konsumen kosmetik Wardah di Kota Kupang. Deskripsi jawaban responden yang telah dihitung maka kedua variabel Product knowledge dan minat beli dikatakan valid dan dapat disimpulkan bahwa untuk setiap indikator variabel Minat Beli (Y)  diketahui rata – rata skor jawaban pada setiap pernyataan adalah 4,00 (Tinggi). Sehingga disimpulkan bahwa  Pengaruh product knowledge cukup besar  terhadap minat beli konsumen kosmetik Wardah di Kota Kupang. Serta pada hasil penelitian diatas diketahui bahwa variabel product knowledge  (X) berpengaruh terhadap variabel minat beli (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penulis mengajukan saran bagi produk Wardah kosmetik, untuk lebih meningkatkan pengetahuan produk pemasar agar mampu menedukasi konsumen dengan lebih baik, serta lebih menguasai pengetahuan tentang produk yang ditawarkan, sehingga masyarakat lebih paham akan fungsi dan kegunaan serta manfaat dari produk-produk yang ditawarkan, dengan hal ini juga mampu memperluas ide dalam membuat iklan serta promosi untuk masyarakat luas.

References

Daiman, N. J., & Maria, M. (2023). Analisis Pengaruh Iklan di Media Sosial Facebook Terhadap Minat Konsumen untuk Berbelanja Online. Journal of Practical Management Studies, 1(1), 16-23.
FanggidaE, J. P. (2019) Advertising dan Brand Awareness Produk Kartu XL (Studi Persepsi pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Kupang).
Nazarudin, H., & Geto, H. M. (2021). Peranan Citra Merek Produk Kartu Axis terhadap Minat Beli Mahasiswa Politeknik Negeri Kupang. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 1-7.
Nguyen, P. V., Le, H. M., & Tran, K. T. (2019). Effects of country of origin, foreign product knowledge and product features on customer purchase intention of imported powder milk. International Journal of Business Innovation and Research, 19(2), 139-161.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Bisnis (Alfabet Bandung)menghadapi abad ke-21. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Tuati, J., & Sahetapy, S. (2020). Pengaruh Pesan Iklan di Media Televisi terhadap Minat Beli Konsumen Produk Daia pada Masyarakat Kelurahaan Oesapa RT 012 RW 005 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 5(01), 18-26.
Published
2023-06-30
How to Cite
IRAWATI, Luluk; ZAINI, Muhammad; RENOAT, Ronald. Pengaruh Product Knowledge terhadap Minat Beli Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Kupang. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 56-60, june 2023. ISSN 3047-6747. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/1123>. Date accessed: 06 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v8i1.1123.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.