Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Paris Bakery Oesapa Kota Kupang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah adanya pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk roti pada toko Paris Bakery Oesapa Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Survey kuantitatif.Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu jenis data kuantitatiif dan kualitatif serta sumber data yang digunakan adalah sumber data primer.Metode penelitian dilakukan secara teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka.Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan melalui 52 responden yang merupakan konsumen pada toko Paris Bakery Oesapa Kota Kupang.Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil uji regresi sederhana Y= 7.950+0,525 X. Nilai R squar 40,4% dan sisanya sebesar 59,6% yang dipengeruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Harapannya, pihak perusahaan terus meningkatkan kualitas produk roti sehingga banyak diminati oleh para konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini, kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada toko Paris Bakery Oesapa Kota Kupang.
References
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran. (B. Molan, Terjemahan). Jakarta: Gramedia.
Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. (B. Sabaran, Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Schiffman, L., Kanuk, L. L. (2007) Perilaku Konsumen. (Terjemahan, Z. Kasip). Jakarta: Indeks.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Sumarwan, U. (2004). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
Sunyoto, D., Saksono, Y. (2022). Perilaku Konsumen. dalam M.A. Kalijaga (Ed). Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 152-164.
Umadji, N., Lapian, J. S., & Jorie, R. J. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Roti di Bread Factory. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4), 6086-6095.