Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Paris Bakery Oesapa Kota Kupang

  • Maria Ulfah Politeknik Negeri Lampung
  • Edy Humaidi Politeknik Negeri Lampung
  • Ronald E. Renoat Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah adanya pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk roti pada toko Paris Bakery Oesapa Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Survey kuantitatif.Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu jenis data kuantitatiif dan kualitatif serta sumber data yang digunakan adalah sumber data primer.Metode penelitian dilakukan secara teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka.Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan melalui 52 responden yang merupakan konsumen pada toko Paris Bakery Oesapa Kota Kupang.Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil uji regresi sederhana Y= 7.950+0,525 X. Nilai R squar 40,4% dan sisanya sebesar 59,6% yang dipengeruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Harapannya, pihak perusahaan terus meningkatkan kualitas produk roti sehingga banyak diminati oleh para konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini, kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada toko Paris Bakery Oesapa Kota Kupang.

References

Budiyanto, E., & Indriyani, N. D. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Pada Toko Roti di Surabaya. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 2(3), 56-62.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran. (B. Molan, Terjemahan). Jakarta: Gramedia.
Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. (B. Sabaran, Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Schiffman, L., Kanuk, L. L. (2007) Perilaku Konsumen. (Terjemahan, Z. Kasip). Jakarta: Indeks.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Sumarwan, U. (2004). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
Sunyoto, D., Saksono, Y. (2022). Perilaku Konsumen. dalam M.A. Kalijaga (Ed). Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 152-164.
Umadji, N., Lapian, J. S., & Jorie, R. J. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Roti di Bread Factory. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4), 6086-6095.
Published
2023-06-30
How to Cite
ULFAH, Maria; HUMAIDI, Edy; RENOAT, Ronald E.. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Paris Bakery Oesapa Kota Kupang. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 61-66, june 2023. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/1125>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v8i1.1125.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.