Metode Analisis Kebijakan Ekonomi Menggunakan Pendekatan Teori Wacana Kritis

Sebuah Pengantar

  • David Samuel Latupeirissa Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang didasarkan pada kajian literature. Tujuannya adalah untuk memaparkan teori Analisis Wacana Kritis sebagai dasar teori dan metode analisis kebijakan ekonomi bisnis. Sebagai kajian dasar, penelitian ini berusaha memaparkan tiga level analisis model Analisis Wacana Kritis Fairclough (1989, 1995, 2005, 2006), kemudian menghubungkannya dengan usaha menganalisis kebijakan ekonomi bisnis. Analisis kebijakan dimaksud lebih dikhususkan pada analisis kebijakan fiskal dan kebijakan moneter yang lazim dilakukan dalam cakrawala ilmu ekonomi bisnis. Ketiga level analisis yang harus dilakukan dalam menganalisis kebijakan ekonomi bisnis adalah (1) analisis teks, yaitu analisis unsur kebahasaan dalam konstruksi kalimat yang dipakai dalam menyusun kebijakan, (2) analisis praktik diskursus, yaitu analisis latar belakang para pemegang keputusan yang menyusun kebijakan dan situasi dan kondisi lainnya yang melatari lahirnya kebijakan ekonomi bisnis, serta (3) analisis perubahan sosial budaya dan politik yang terjadi akibat kebijakan- kebijakan tersebut. Sebagai usulan konkrit, peneliti mengusulkan agar teori serta metode Analisis Wacana Kritis dapat digunakan dalam menganalisis kebijakan- kebijakan ekonomi bisnis yang ada.

Published
2019-10-28
How to Cite
LATUPEIRISSA, David Samuel. Metode Analisis Kebijakan Ekonomi Menggunakan Pendekatan Teori Wacana Kritis. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 02, p. 1-10, oct. 2019. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/343>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.