Analisis Penggunaan Aset dalam Mengukur Profitabilitas Pada Koperasi Simpan Pinjam Harmoni Jaya Kupang

  • Sindy Dethan
  • Janri Delastriani Manafe Politeknik Negeri Kupang
  • Jeremias K Alang Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Penggunaan Asset Dalam Mengukur Profitabilitas Pada Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Harmoni Jaya Kupang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan asset dalam mengukur profitabilitas Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Harmoni Jaya Kupang tahun 2014-2018 yang dinilai dengan menggunakan analisis rasio keuangan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Harmoni Jaya yang berupa laopran Neraca dan laporan SHU. Selanjutnya untuk mendapatkan data penelitian, peneliti menggunakan teknik Dokumentasi, Wawancara, dan Studi Kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis penelitian, disimpulkan bahwa (1) Analisis rasio aktivitas pada Koperasi Simpan Pinjam Harmoni Jaya Kupang Tahun 2014-2018 menunjukan bahwa rata-rata rasionya adalah sebesar 39,18 kali dengan kriteria cukup sehat, melalui hal ini Koperasi Simpan Pinjam Harmoni Jaya Kupang efektif dalam menggunakan aktiva atau kekayaan koperasi. (2) Analisis rasio profitabilitas pada Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Harmoni Jaya Kupang tahun 2014-2018 menunjukan bahwa rata-rata rasionya adalah sebesar 3,46% dengan kriteria tidak sehat. Melalui hal ini Koperasi Simpan Pinjam Harmoni Jaya Kupang tidak mampu dalam memperoleh laba atas kegiatannya.

References

Atmojo. (2015). Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada KPRI Bina Sejahtera Setda Kabupaten Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Ashari. (2007). Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. British American Tobacco, Tbk.
Eldy. (2011). Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Koperasi Karyawan (KOPKAR) Ruwajurai PTPN VII (PERSERO).
Fadli. (2012). Analisis Kinerja Keuangan Pada Koperasi Karyawan Kantor Kementrian Agama Kerawang Dengan Menggunakan Metode Analisis Rasio dan Laporan Keuangan.
Harahap, Sofyan Syafri. (2013). Analisis Kritis ATAS Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers
Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Manafe, J. D., & Setyorini, T. (2019). The impact of organizational commitment as mediator and moderator relationship between budgeting participation on managerial performance. The International Journal of Social Sciences World (TIJOSSW), 1(01), 11-20.
Standar Penilaian Rasio Keuangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia No.96/Kep/M.KUKM/IX/2009
Sudarsono dan Edilius. (2010). Manajemen Koperasi Indonesia. Cetakan 5. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Published
2020-02-26
How to Cite
DETHAN, Sindy; MANAFE, Janri Delastriani; ALANG, Jeremias K. Analisis Penggunaan Aset dalam Mengukur Profitabilitas Pada Koperasi Simpan Pinjam Harmoni Jaya Kupang. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 02, p. 33-45, feb. 2020. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/597>. Date accessed: 07 july 2020. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v2i2.56.
Section
Articles