Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pengguna Grab Motor di Kota Kupang

  • Hosi paji dogi
  • Pieter Samadara Politeknik Negeri Kupang
  • Anastasia Imelda Sayd Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pengguna Grab Motor di Kota KupangRumusan masalah yang dikemukakan adalah seberapa besar pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pengguna Grab motor di Kota Kupang? Dan Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pengguna Grab motor di Kota Kupang, penelitian ini dilaksanakan selama 3 minggu yakni dari tanggal 25 Agustus 2019 – 14 September 2019. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitiansurvey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok (Sugiyono,2005:7). Pada umumnya unit analisis dalam penelitian survey adalah individu. Oleh sebab itu unit analisis dalam penelitian ini adalah Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pengguna Grab motor di Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan kuat dan signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas. Dari analisi data disimpulkan bahwa variabel kepuasan pelanggan memilik pengaruh sebesar 39,7% terhadap variabel loyalitas sedangkan sisinya 60,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

References

Arikunto, S (2006). Prosedur Penelitian; suatu pendekatan praktek. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta
Dessy, Fitriyani Wulandari. (2017). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum Isi Ulang Depot Ishak Pada Desa Lemo Bajo Kecematan Wewolesea Kabupaten Konawe Utara. Skripsi. Kendari:Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Halu Oleo
Ghozali, I (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang:Badan Penerbit UNDIP
Griffin Jill (2005). Custumer Loyalty, menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta:Erlangga
Hasan Ali (2008). Marketing, Medpress anggota IKAPI, Yokyakarta.
Hasan, A. (2005). Marketing. Yogyakarta : Media Utama
Irwan, Handi. (2004). 10 Prinsip kepuasan pelanggan. Jakarta:exel media komputindo
Kotler, P. (2007). Analisis perencanaan dan pengendalisn, jilid 2 Edisi kedelapan. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran jilid 1 edisi milenuim. Jakarta: prehllindo
Kotler, P. (2009). Manajemen pemasaran. Jilid 2 Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Lombard, T.van Vuuren M.Robert and Tonder, (2012) Customer satisfaction, trust and commitment as predictors of customer loyalty within an optometric practice environment. Southern African business reviw volume 16 Number 3. University of Johannesburge
Tammubua, M. H., & Pattiasina, V. (2019). Quality academic services antecedent towards the level of students satisfaction in distance learning program unit Universitas Terbuka Jayapura. The International Journal of Social Sciences World (TIJOSSW), 1(01), 21-35
Published
2019-12-31
How to Cite
DOGI, Hosi paji; SAMADARA, Pieter; SAYD, Anastasia Imelda. Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pengguna Grab Motor di Kota Kupang. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 02, p. 1-8, dec. 2019. ISSN 3047-6747. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/600>. Date accessed: 28 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.