Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pengguna Grab Motor di Kota Kupang
Abstract
Judul dari penelitian ini adalah “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pengguna Grab Motor di Kota Kupang” Rumusan masalah yang dikemukakan adalah seberapa besar pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pengguna Grab motor di Kota Kupang? Dan Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pengguna Grab motor di Kota Kupang, penelitian ini dilaksanakan selama 3 minggu yakni dari tanggal 25 Agustus 2019 – 14 September 2019. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitiansurvey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok (Sugiyono,2005:7). Pada umumnya unit analisis dalam penelitian survey adalah individu. Oleh sebab itu unit analisis dalam penelitian ini adalah Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pengguna Grab motor di Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan kuat dan signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas. Dari analisi data disimpulkan bahwa variabel kepuasan pelanggan memilik pengaruh sebesar 39,7% terhadap variabel loyalitas sedangkan sisinya 60,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
References
Dessy, Fitriyani Wulandari. (2017). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum Isi Ulang Depot Ishak Pada Desa Lemo Bajo Kecematan Wewolesea Kabupaten Konawe Utara. Skripsi. Kendari:Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Halu Oleo
Ghozali, I (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang:Badan Penerbit UNDIP
Griffin Jill (2005). Custumer Loyalty, menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta:Erlangga
Hasan Ali (2008). Marketing, Medpress anggota IKAPI, Yokyakarta.
Hasan, A. (2005). Marketing. Yogyakarta : Media Utama
Irwan, Handi. (2004). 10 Prinsip kepuasan pelanggan. Jakarta:exel media komputindo
Kotler, P. (2007). Analisis perencanaan dan pengendalisn, jilid 2 Edisi kedelapan. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran jilid 1 edisi milenuim. Jakarta: prehllindo
Kotler, P. (2009). Manajemen pemasaran. Jilid 2 Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Lombard, T.van Vuuren M.Robert and Tonder, (2012) Customer satisfaction, trust and commitment as predictors of customer loyalty within an optometric practice environment. Southern African business reviw volume 16 Number 3. University of Johannesburge
Tammubua, M. H., & Pattiasina, V. (2019). Quality academic services antecedent towards the level of students satisfaction in distance learning program unit Universitas Terbuka Jayapura. The International Journal of Social Sciences World (TIJOSSW), 1(01), 21-35
Hak cipta dari setiap artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini dipegang oleh penulis. Penulis memberikan kepada jurnal hak non-eksklusif untuk menerbitkan dan mendistribusikan artikel tersebut, serta mengizinkan pihak ketiga untuk menggunakan artikel tersebut selama penggunaan tersebut menyebutkan penulis asli dan sumber publikasi.
Semua konten dalam jurnal ini tersedia di bawah lisensi Creative Commons Attribution (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan pihak lain mendistribusikan, mengubah, memperbaiki, dan membangun karya jurnal ini, membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan pengakuan yang sesuai kepada penulis asli dan sumber publikasi serta melisensikan ciptaan turunan dibawah syarat yang serupa.
Penulis mempertahankan hak untuk:
- Membuat dan mendistribusikan salinan dari artikel yang diterbitkan dalam bentuk cetak atau digital kepada rekan kerja, kolaborator, atau pihak ketiga lainnya.
- Memasukkan artikel tersebut dalam tesis atau disertasi.
- Menggunakan seluruh atau sebagian artikel tersebut dalam buku atau karya lainnya.
- Menggunakan ilustrasi atau data dari artikel tersebut dalam karya masa depan.
Dengan menyerahkan artikel ke jurnal ini, penulis setuju dengan persyaratan hak cipta yang diuraikan di atas.