PENGARUH DIFERENSIASI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MAMACHI KOTA BIMA

  • Muhammad Al Maraghi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Irma Mardian Jurusan Manajemen Pemasaran, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

Abstract

Mamachi melakukan diferensiasi produk dan juga melakukan inovasi untuk setiap produk baik dari segi bentuk dan motif.Namun khir-akhir ini terjadi fluktuasi penjualan yang yang cenderung menurun.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh diferensiasi dan inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan Mamachi Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan yaitu asosiatif, lokasi penelitian di UKM Mamachi Kota Bima yang beralamat di Jl.Gatot Soebroto.Sadia 2 Kota Bima bulan Oktober 2019 – Februari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang pernah membeli produk Mamachi.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang.Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert.Aadapapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan sumber data penelitian yaitu data primer.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner dan studi pustaka. Analisis meliputi uji validitas dan reliabilitas kuesioner, uji asumsi klasik dan analisis data menggunakan regresi linear berganda, korelasi, determinasi, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan diferensiasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, inovasi produk juga tidak berpengaruh signifikan pada loyalitas konsumen.Demikian pula secara bersama-sama diferensiasi dan inovasi produk tidak berpengaruh signifikan pada loyalitas pelanggan.

References

Amirullah, 2013. Metodologi Penelitian Manajemen. Disertai Contoh Judul Penelitian dan Proposal (cetakan pertama).Bayumedia. Malang
Bobby Yudhiarina. 2009. Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk, Merek dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada perusahaan Rokok PT. Hm Sampoerna. Jurnal Chan Gorontalo Volume 4 Nomor 2.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Hadiyati, E. 2011.Kreativitas dan Inovasi berpengaruh terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 13 (1): 8-16
Indradewi, A. A. S. N. (2020). Arrangement of Special Power of Attorney Related to Brand Management Authority. The International Journal of Social Sciences World (TIJOSSW), 2(01), 20-26.
Hurriyati, R. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Alfabeta. Bandung
Kotler, P. 2003. Manajemen Pemsaran Edisi 9. PT. Ideks Gramedia. Jakarta
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran II : Analisis, Perencanaan Jilid 1
dan2. Jakarta: PT Indeks.
Kotler & Keller.2006. Manajemen Pemasaran edisi 12 jilid 1, terjemahan. PT. Indeks. Jakarta
Lukas, B. A dan Ferrel, O.C. 2000. The Effect of Marketing Orientation on Product Innovation Journal of Academy of Marketing Scence 28(2): 239-247
Mariana, R.R.2009.Pengaruh Diferensiasi Produk Kripik TempeTerhadapLoyalitas Konsumen (studi pada konsumen kripik tempe Sanan di Kota Malang)”. Media Pendidikan Gizi dan Kuliner. Volume 1: 1-14.
Nugraha, A.Y dan R, Zulfikar. 2018. “Pengaruh Diferensiasi Produk dan InovasiProduk terhadap Loyalitas Konsumen”. E-Jurnal Program Studi Manajemen, Universitas Komputer Indonesia.Hal: 1-9.
Nurullaili dan A, Wijayanto.2013.Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware (Studi Pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro).Jurnal Administrasi Bisnis2(1): 89-97.
Sahetapy,J.P.2013. Diferensiasi produk, Strategi Merek,Pengaruhnya
Terhadap Keputusan Pembelian Meubel UD. Sakti. Manado. Jurnal EMBA 1(3): 411-420.
Setiawan,A.T ., A. Fauzi. DH.,dan B. Sanawiri.2018.Pengaruh GayaHidupdan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian(Survei pada Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015. Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Membeli, menggunakan dan Mengetahui Smartphone Samsung Galaxy Series).Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)62(1): 73-81.
Simamora, F.N. dan E.Y. Situmeang. 2018.Analisa PengaruhDiferensiasi ProdukTerhadap Keputusan Pembeli Konsumen pada Showroom Garuda Sibolga.Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan Juripol1(1): 68-79.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi. Andi.Yogyakarta.
Sugiyono. 2016. MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tjiptono, F. 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia.Yogyakarta.
Published
2020-06-30
How to Cite
MARAGHI, Muhammad Al; MARDIAN, Irma. PENGARUH DIFERENSIASI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MAMACHI KOTA BIMA. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 54-64, june 2020. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/647>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.