PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLA KEUANGAN, PENGALAMAN KERJA DAN PENGUASAAN SIKD PADA SKPD DI KOTA KUPANG

  • Melda Mariana Poeh Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh kompetensi pengelola keuangan, pengalaman kerja dan penguasaan sistem keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan pada SKPD di Kota Kupang. Penelitian ini dilatarbelakangi fakta bahwa laporan keuangan memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pengguna apabila laporan keuangan berkualitas yaitu memenuhi indikator relevan, andal, dapat dibandingkan dan dapat dipahami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Yang menjadi objek pada penelitian ini terdiri dari 13 Dinas, 8 Badan dan 2 Bagian satuan kerja perangkat daerah di kota kupang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan kriteria dan pertimbangan tertentu karena tidak semua SKPD menyusun laporan keuangan. Metode analisis yang digunakan analisis deskriptif dan uji asumsi klasik, uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi. Uji hipotesis yang digunakan yaitu analisis regresi linear, uji f dan uji t.  Hasil penelitian dan pengujian menunjukan bahwa (1) kompetensi pengelola keuangan berpengaruh positif dan cukup signifikan terhadap kualitas laporan keuangan (2) pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan (3) penguasaan sistem informasi keuangan daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.

Published
2020-06-30
How to Cite
POEH, Melda Mariana. PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLA KEUANGAN, PENGALAMAN KERJA DAN PENGUASAAN SIKD PADA SKPD DI KOTA KUPANG. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 8-17, june 2020. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/658>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.