ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK TAHU DI PONDOK LABU JAKARTA SELATAN

  • Jenji G. A Fakultas Ekonomi, UPN Veteran Jakarta
  • Heni Nastiti Fakultas Ekonomi, UPN Veteran Jakarta
  • Rosali C. S Fakultas Ekonomi, UPN Veteran Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengendalian kualitas proses produksi tahu pada Sentra Produk Tahu di Pondok Labu Jakarta Selatan, mengidentifikasikan faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan produksi tahu dan  faktor utama yang paling mempengaruhi kualitas produksi tahu di Pondok Labu Jakarta Selatan serta mengkaji pengendalian kualitas pada Sentra Produk Tahu tersebut terkendali atau tidak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pengamatan langsung dan wawancara pada Sentra Produk Tahu yang ditetapkan secara purposif, sedangkan data sekunder sebagai data pendukung. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Diagram Pareto, Diagram Sebab-Akibat dan Grafik Kendali/ Statistic Quality Control (SQC) untuk mengetahui apakah hasil proses produksi tahu masih berada dalam batas kendali. Dari hasil penelitian  produksi tahu yang dihasilkan masih berada dalam batas kendali, faktor yang menyebabkan masalah mutu yang dihasilkan atara lain, dari pemilihan bahan baku, belum adanya sistem produksi yang tertulis dan baku yang digunakan, tidak adanya pemeliharaan pada mesin dan peralatan produksi yang rutin dilakukan, kebersihan ruangan dari asap dan debu, serta ketelitian atau kehati-hatian tenaga kerja dalam bekerja.

References

Ariani DW. 2002. Manajemen Kualitas, Pendekatan Sisi Kualitatif. Jakarta (ID): Depdiknas.
Devi Sonalia dan Musa Hubeis, Pengendalian Mutu pada Proses Produksi di Tiga Usaha Kecil Menengah Tahu Kabupaten Bogor.
Herjanto, Edi.,2006, Manajemen Operasi, Edisi ke 3 , Grasindo, Jakarta.
Jay Heizer dan Barry Render, Operations Management Buku 1( manajemen Operasi) Edisi 9, Salemba Empat, Jakarta, 2012.
Jay Heizer dan Barry Render, Operations Management Buku 2 ( manajemen Operasi) Edisi 7, Salemba Empat, Jakarta, 2008.
Jay Heizer dan Barry Render, Manajemen Operasi, Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan Edisi 11, Salemba Empat, Jakarta, 2015
Mahmud, Muhamad . (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Metode Six Sigma pada CV Makmur Tani. Hlm. 24-34.
Prasetya, Heri dan Lukiastuti, Fitri, Manajemen Operasi ,CAP, Yogyakarta,2011
Sumayang, Lalu, 2003, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Salemba Empat, Jakarta.
Sunarso (2008) Penentuan Luas Produksi Optimum pada Perusahaan Manufaktur, dalam Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Volume 8 No:1, April 2008, Univ. Slamet Riyadi Surakarta.
Tedy Susanto dan sarwadi (2006) dalam Jurnal Matematika Vol. 9 No.1 April 2006: 133-138
Published
2020-06-30
How to Cite
A, Jenji G.; NASTITI, Heni; S, Rosali C.. ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK TAHU DI PONDOK LABU JAKARTA SELATAN. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 87-105, june 2020. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/665>. Date accessed: 20 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v2i2.56.
Section
Articles