DAMPAK IKLAN TELEVISI TERHADAP ANAK DAN PERILAKU PEMBELIAN ORANG TUA DI KOTA KUPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ada perbedaan dalam beberapa kelompok responden berkaitan dengan persepsi mereka tentang dampak iklan televisi anak dan perilaku pembelian orang tua. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, digunakan alat analisa One-Way Anova dengan bantuan software SPSS 23. Responden yang diharapkan untuk menjawab instrument penelitian ini adalah 30 (tiga puluh) orang tua yang memiliki anak usia 6-12 tahun. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa lamanya jam menonton televisi bagi anak, dalam hal ini adalah di bawah 2 jam per hari dan di atas 2 jam per hari, mempengaruhi aspek afektif dan perilaku anak namun tidak mempengaruhi aspek kognitif dari sang anak.
Hak cipta dari setiap artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini dipegang oleh penulis. Penulis memberikan kepada jurnal hak non-eksklusif untuk menerbitkan dan mendistribusikan artikel tersebut, serta mengizinkan pihak ketiga untuk menggunakan artikel tersebut selama penggunaan tersebut menyebutkan penulis asli dan sumber publikasi.
Semua konten dalam jurnal ini tersedia di bawah lisensi Creative Commons Attribution (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan pihak lain mendistribusikan, mengubah, memperbaiki, dan membangun karya jurnal ini, membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan pengakuan yang sesuai kepada penulis asli dan sumber publikasi serta melisensikan ciptaan turunan dibawah syarat yang serupa.
Penulis mempertahankan hak untuk:
- Membuat dan mendistribusikan salinan dari artikel yang diterbitkan dalam bentuk cetak atau digital kepada rekan kerja, kolaborator, atau pihak ketiga lainnya.
- Memasukkan artikel tersebut dalam tesis atau disertasi.
- Menggunakan seluruh atau sebagian artikel tersebut dalam buku atau karya lainnya.
- Menggunakan ilustrasi atau data dari artikel tersebut dalam karya masa depan.
Dengan menyerahkan artikel ke jurnal ini, penulis setuju dengan persyaratan hak cipta yang diuraikan di atas.