PENGARUH PERSEPSI HARGA TERHADAP IMPULSIVE BUYING PRODUK TOILETER

STUDI KASUS PADA SUPERMARKET DUTALIA

  • Irfandri Irfandri Politeknik Negeri Kupang
  • Stela Sahetapy Politeknik Negeri Kupang
  • Tuty Setyorini Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Dewasa ini perkembangan bisnis ritel di Indonesia sudah semakin pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai jenis pasar modern. Dengan adanya fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan belanja menyebabkan terjadinya pembelian secara berlebihan sebagai akibat adanya pembelian tak terencana (impulsive buying) oleh para konsumen. Impulsive buying ini juga terjadi pada konsumen Dutalia Supermarket Oesapa Kupang. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu persepsi harga (X) dan impulsive buying (Y). Tujuan penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh persepsi harga terhadap impulsive buying produk toileter pada Dutalia Supermarket Oesapa Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden di Dutalia Supermarket Oesapa Kupang yang telah melakukan pembelian dengan menggunakan incidental sampling. Untuk analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 25 for windows. Kemudian dilakukan analisis dengan data yang ada menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi sederhana, uji korelasi, uji determinasi, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai  sebesar 2,412 dengan sig 0,023. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapat bahwa persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying produk toileter pada Dutalia Supermarket Oesapa Kupang. Besarnya koefisien determinasi (r square) sebesar 0,172. Hal ini menunjukan bahwa variable impulsive buying dipengaruhi oleh variable persepsi harga sebesar 17,2%, sedangkan sisanya sebesar 82,8% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying produk toileter pada Dutalia Supermarket Oesapa Kupang.

Published
2020-12-22
How to Cite
IRFANDRI, Irfandri; SAHETAPY, Stela; SETYORINI, Tuty. PENGARUH PERSEPSI HARGA TERHADAP IMPULSIVE BUYING PRODUK TOILETER. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 02, p. 47-54, dec. 2020. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/733>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.