PENGARUH PERSEPSI HARGA TERHADAP IMPULSIVE BUYING PRODUK TOILETER
STUDI KASUS PADA SUPERMARKET DUTALIA
Abstract
Dewasa ini perkembangan bisnis ritel di Indonesia sudah semakin pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai jenis pasar modern. Dengan adanya fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan belanja menyebabkan terjadinya pembelian secara berlebihan sebagai akibat adanya pembelian tak terencana (impulsive buying) oleh para konsumen. Impulsive buying ini juga terjadi pada konsumen Dutalia Supermarket Oesapa Kupang. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu persepsi harga (X) dan impulsive buying (Y). Tujuan penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh persepsi harga terhadap impulsive buying produk toileter pada Dutalia Supermarket Oesapa Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden di Dutalia Supermarket Oesapa Kupang yang telah melakukan pembelian dengan menggunakan incidental sampling. Untuk analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 25 for windows. Kemudian dilakukan analisis dengan data yang ada menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi sederhana, uji korelasi, uji determinasi, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai sebesar 2,412 dengan sig 0,023. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapat bahwa persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying produk toileter pada Dutalia Supermarket Oesapa Kupang. Besarnya koefisien determinasi (r square) sebesar 0,172. Hal ini menunjukan bahwa variable impulsive buying dipengaruhi oleh variable persepsi harga sebesar 17,2%, sedangkan sisanya sebesar 82,8% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying produk toileter pada Dutalia Supermarket Oesapa Kupang.
Hak cipta dari setiap artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini dipegang oleh penulis. Penulis memberikan kepada jurnal hak non-eksklusif untuk menerbitkan dan mendistribusikan artikel tersebut, serta mengizinkan pihak ketiga untuk menggunakan artikel tersebut selama penggunaan tersebut menyebutkan penulis asli dan sumber publikasi.
Semua konten dalam jurnal ini tersedia di bawah lisensi Creative Commons Attribution (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan pihak lain mendistribusikan, mengubah, memperbaiki, dan membangun karya jurnal ini, membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan pengakuan yang sesuai kepada penulis asli dan sumber publikasi serta melisensikan ciptaan turunan dibawah syarat yang serupa.
Penulis mempertahankan hak untuk:
- Membuat dan mendistribusikan salinan dari artikel yang diterbitkan dalam bentuk cetak atau digital kepada rekan kerja, kolaborator, atau pihak ketiga lainnya.
- Memasukkan artikel tersebut dalam tesis atau disertasi.
- Menggunakan seluruh atau sebagian artikel tersebut dalam buku atau karya lainnya.
- Menggunakan ilustrasi atau data dari artikel tersebut dalam karya masa depan.
Dengan menyerahkan artikel ke jurnal ini, penulis setuju dengan persyaratan hak cipta yang diuraikan di atas.