PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN

KAJIAN PADA PT. MATARAM MITRA SENTOSA KUPANG

  • Desyanti Natalia Pe Politeknik Negeri Kupang, Indonesia
  • Robert M. Noach Politeknik Negeri Kupang, Indonesia
  • Imelda Sayd Politeknik Negeri Kupang, Indonesia

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Mataram Mitra Sentosa Kupang dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Mataram Mitra Sentosa Kupang.


Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan populasi sebanyak 30 orang dan peneliti mengambil sampel menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh karyawan dijadikan sampel. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan study kepustakaan. Menggunakan skala likert dan selanjutnya data diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 18.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu  motivasi berpengaruh positif terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Mataram Mitra Sentosa Kupang terbukti dari hasil perhitungan koefisien korelasi nilai t hitung > nilai t tabel (4,758 > 1,701). Dengan pengaruh sebesar 44,7 atau 44% sedangkan sisanya 56% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti seperti faktor individu (Usaha, kemampuan, peran/tugas) dan faktor lingkungan (kondisi fisik, pendidikan, pelatihan dll).

Published
2021-12-30
How to Cite
PE, Desyanti Natalia; NOACH, Robert M.; SAYD, Imelda. PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 1-10, dec. 2021. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/848>. Date accessed: 19 may 2022. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v2i2.56.
Section
Articles