PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI

STUDY PADA DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

  • Yeser Aprianus Djoh Politeknik Negeri Kupang, Indonesia
  • Maria C.B. Monteiro Politeknik Negeri Kupang, Indonesia
  • Enos Kabu Politeknik Negeri Kupang, Indonesia

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 123 orang. Sampel yang diambil sebanyak 55 orang dengan menggunakan rumus slovin. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan dan kuesioner menggunakan skala interval dan selanjutnya dianalisis menggunakan bantuan SPSS. Penelitian ini dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi sederhana, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komitmen organisasi dan kinerja pegawai terbukti dari hasil perhitugan koefisien korelasi nilai t hitung (6.546) lebih besar dari nilai t tabel (1.674) dengan demikian dapat dinyatakan bahwa komitmen organisasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Terbukti juga dari hasil perhitungan koefisien determinasinya sebesar 44,7% berpengaruh terhadap kinerja pegawai, sedangkan sisanya 55,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2021-12-30
How to Cite
DJOH, Yeser Aprianus; MONTEIRO, Maria C.B.; KABU, Enos. PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 25-34, dec. 2021. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/851>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.