PENGARUH LAYOUT TOKO TERHADAP MINAT PEMBELIAN IMPULSIF

STUDY KASUS PADA HOSANA MART MAULAFA KOTA KUPANG

  • Maria Imaculata Bunga Politeknik Negeri Kupang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh layout toko yang terdiri dari penataan penempatan barang, pencahayaan, suhu udara, karyawan, tingkat harga, dan kebersihan terhadap pembelian impulsive pada bisnis ritel hosana mart maulafa kota kupang. Data yang digunakan pada penelitian kali ini adalah data primer yang didapat dari hasil pengolahan kuesioner. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 responden menggunakan incidental sampling. Variabel dependent pada penelitian kali ini pembelian impulsive dan variable independent adalah layout toko yang terdiri dari penataan penempatan barang, pencahayaan, suhu udara, karyawan, tingkat harga dan kebersihan. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan layout toko berpengaruh positif dan penelitian terhadap pembelian impulsive pada bisnis ritel. Sedangkan secara parsial, hanya barang dagangan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsive pada bisnis ritel. Hasil penelitian menunjukan bahwa layout toko mempunyai hubungan dengan pembelian impulsive yaitu 0,849 dan hubungan termasuk dalam kategori tinggi. Selanjutnya juga disimpulkan bahwa layout toko mempunyai pengaruh yang positif significant terhadap pembelian impulsive yaitu sebesar 0,720 atau 72% dipengaruhi oleh factor lain.

Published
2021-12-30
How to Cite
BUNGA, Maria Imaculata. PENGARUH LAYOUT TOKO TERHADAP MINAT PEMBELIAN IMPULSIF. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 35-39, dec. 2021. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/852>. Date accessed: 19 may 2022. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v2i2.56.
Section
Articles