PENGARUH LAYOUT TOKO TERHADAP MINAT PEMBELIAN IMPULSIF
STUDY KASUS PADA HOSANA MART MAULAFA KOTA KUPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh layout toko yang terdiri dari penataan penempatan barang, pencahayaan, suhu udara, karyawan, tingkat harga, dan kebersihan terhadap pembelian impulsive pada bisnis ritel hosana mart maulafa kota kupang. Data yang digunakan pada penelitian kali ini adalah data primer yang didapat dari hasil pengolahan kuesioner. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 responden menggunakan incidental sampling. Variabel dependent pada penelitian kali ini pembelian impulsive dan variable independent adalah layout toko yang terdiri dari penataan penempatan barang, pencahayaan, suhu udara, karyawan, tingkat harga dan kebersihan. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan layout toko berpengaruh positif dan penelitian terhadap pembelian impulsive pada bisnis ritel. Sedangkan secara parsial, hanya barang dagangan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsive pada bisnis ritel. Hasil penelitian menunjukan bahwa layout toko mempunyai hubungan dengan pembelian impulsive yaitu 0,849 dan hubungan termasuk dalam kategori tinggi. Selanjutnya juga disimpulkan bahwa layout toko mempunyai pengaruh yang positif significant terhadap pembelian impulsive yaitu sebesar 0,720 atau 72% dipengaruhi oleh factor lain.
Hak cipta dari setiap artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini dipegang oleh penulis. Penulis memberikan kepada jurnal hak non-eksklusif untuk menerbitkan dan mendistribusikan artikel tersebut, serta mengizinkan pihak ketiga untuk menggunakan artikel tersebut selama penggunaan tersebut menyebutkan penulis asli dan sumber publikasi.
Semua konten dalam jurnal ini tersedia di bawah lisensi Creative Commons Attribution (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan pihak lain mendistribusikan, mengubah, memperbaiki, dan membangun karya jurnal ini, membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan pengakuan yang sesuai kepada penulis asli dan sumber publikasi serta melisensikan ciptaan turunan dibawah syarat yang serupa.
Penulis mempertahankan hak untuk:
- Membuat dan mendistribusikan salinan dari artikel yang diterbitkan dalam bentuk cetak atau digital kepada rekan kerja, kolaborator, atau pihak ketiga lainnya.
- Memasukkan artikel tersebut dalam tesis atau disertasi.
- Menggunakan seluruh atau sebagian artikel tersebut dalam buku atau karya lainnya.
- Menggunakan ilustrasi atau data dari artikel tersebut dalam karya masa depan.
Dengan menyerahkan artikel ke jurnal ini, penulis setuju dengan persyaratan hak cipta yang diuraikan di atas.