Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Diklat, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas PPO Kabupaten Manggarai Barat

  • Plafianto Jonokarjo Himpi Politeknik Negeri Kupang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja, diklat dan budaya organisasi secara simultan terhadap kinerja pegawai: 2) menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja, diklat dan budaya organisasi secara parsial terhadap kinerja pegawai: dan 3) menganalisis variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian survei yang bersifat menjelaskan fenomena (explanatory research) tentang ada atau tidaknya pengaruh antara dua variabel atau lebih dan seberapa tingkat pengaruhnya. Sampel dalam penelitian ini adalah 56 pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat yang terbagi dalam bidang kerja masing-masing dan diambil menggunakan teknik sampel sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan: 1) kepemimpinan, motivasi kerja, diklat, dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat: 2) kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai: 3) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada: 4) diklat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai: 5) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai 6) variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap, pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat adalah diklat.

Published
2022-12-16
How to Cite
HIMPI, Plafianto Jonokarjo. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Diklat, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas PPO Kabupaten Manggarai Barat. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 36-46, dec. 2022. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/936>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v7i1.936.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.