Pengaruh Kompensasi, Pelatihan, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bosowa Berlian Motor Kupang

  • Petrus Valentino Baunsele Politeknik Negeri Kupang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa signifikan kompensasi, pelatihan, disiplin kerja dan lingkungan kerja secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan di PT. Bosowa  Berlian Motor.Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran rata-rata skor untuk kategori persepsi variabel kompensasi adalah 85,25%, pelatihan karyawan adalah 85,04%, disiplin kerja adalah 72,15%, lingkungan kerja adalah 70,72% serta kinerja karyawan adalah 86,60% pada PT. Bosowa Berlian Motor di Kota Kupang adalah baik. Untuk hasil uji parsial dan uji simultan variabel kompensasi, pelatihan, disiplin kerja dan lingkungan kerja menunjukan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil uji t variabel kompensasi adalah sebesar 0,045, pelatihan karyawan adalah sebesar 0,014, disiplin kerja sebesar 0,023 dan lingkungan kerja sebesar 0,007 yang berarti secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bosowa Berlian Motor. Hasil uji F Variabel kompensasi, Pelatihan, disiplin kerja dan lingkungan kerja karyawan sebesar 0,000 yang berarti simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil koefesien determinasi dalam penelitian ini adalah 57.30% kinerja karyawan pada PT. Bosowa Berlian Motor di Kota Kupang yang merupakan kontribusi dari 4 variabel bebas yaitu pelatihan, disiplin kerja dan lingkungan kerja sedangkan sisanya 42.70% merupakan pengaruh dari factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2022-12-16
How to Cite
BAUNSELE, Petrus Valentino. Pengaruh Kompensasi, Pelatihan, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bosowa Berlian Motor Kupang. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 60-69, dec. 2022. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/940>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v7i1.940.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.