Analisis Faktor Quality Of Work Life (Qwl) yang Berhubungan Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Rekam Medis di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

  • Rohani Purnamasari Dima Politeknik Negeri Kupang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan faktor-faktor Quality of Work Life dengan kepuasan kerja karyawan bagian Rekam Medis di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.  Ada hubungan antara faktor-faktor Quality of Work Life dengan kepuasan kerja karyawan bagian Rekam Medis di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta, dengan hasil 0,001 < 0,05 pada faktor keterlibatan karyawan dan 0,000 < 0,05 pada faktor kompensasi yang seimbang, rasa aman terhadap pekerjaan, keselamatan lingkungan kerja, rasa bangga terhadap institusi, pengembangan karier, fasilitas yang tersedia, penyelesaian masalah, dan komunikasi, dan hubungan yang kuat terdapat pada faktor kompensasi yang seimbang. Hasil dari analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa ada hubungan yang sedang antara delapan faktor (keterlibatan karyawan, rasa aman terhadap pekerjaan, keselamatan lingkungan kerja, rasa bangga terhadap institusi, pengembangan karier, fasilitas yang tersedia, penyelesaian masalah, dan komunikasi) sedangkan hubungan yang kuat terdapat pada faktor kompensasi yang seimbang, faktor-faktor Quality of Work Life juga memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan kerja.

Published
2022-12-16
How to Cite
DIMA, Rohani Purnamasari. Analisis Faktor Quality Of Work Life (Qwl) yang Berhubungan Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Rekam Medis di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 70-86, dec. 2022. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/941>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v7i1.941.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.