Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Minyak Goreng Bimoli pada Kelurahan Oeba Kota Kupang

  • Genoveva D. Lanngoday Politeknik Negeri Kupang, Kupang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dalam mengkonsumsi minyak goreng bimoli pada RT 002/RW 001 Kelurahan Oeba Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey.Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif dan kualitatif serta sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian adanya pengaruh positif antara kepuasan pelanggan dan loyalitas dengan nilai R square sebesar 73%. Kesimpulan variabel kepuasan memiliki pengaruh sebesar 73% terhadap variabel loyalitas, sedangkan sisanya sebesar 27% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

References

Hasan, A. (2008). Marketing. Yogyakarta: Media Presindo.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dharmmesta, B. S. (2002). Manajemen Pemasaran. (2nd Ed.). Jakarta: Penertbit Liberty.
Ersi, D. Y. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Produk UKM Berbasis Bahan Baku Terigu di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(1), 1-8.
FaridaIda 2018. FaridaIda 2018.“Pengaru penerapan layanan marketing Syariah dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (Rumah makan Wong Solo Cabang Tebet). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Griffin. (2000). Management. Penerjemah Gina Gania. (7th Ed.). Jakarta: Erlangga
Griffin. (2005) Costumer Loyality: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Penerjemah: Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
Gremler dan Brown. (2008). Marketing. Penerjemah: Hasan Ali. Yogyakarta: Medpress
Gaspersz, V. (2005). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Oranisasi Bisnis dan Pemerintah. Gramedia: Jakarta.
Published
2022-12-30
How to Cite
LANNGODAY, Genoveva D.. Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Minyak Goreng Bimoli pada Kelurahan Oeba Kota Kupang. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 14-24, dec. 2022. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/969>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v7i2.969.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.