Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Minyak Goreng Bimoli pada Kelurahan Oeba Kota Kupang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dalam mengkonsumsi minyak goreng bimoli pada RT 002/RW 001 Kelurahan Oeba Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey.Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif dan kualitatif serta sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian adanya pengaruh positif antara kepuasan pelanggan dan loyalitas dengan nilai R square sebesar 73%. Kesimpulan variabel kepuasan memiliki pengaruh sebesar 73% terhadap variabel loyalitas, sedangkan sisanya sebesar 27% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dharmmesta, B. S. (2002). Manajemen Pemasaran. (2nd Ed.). Jakarta: Penertbit Liberty.
Ersi, D. Y. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Produk UKM Berbasis Bahan Baku Terigu di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(1), 1-8.
FaridaIda 2018. FaridaIda 2018.“Pengaru penerapan layanan marketing Syariah dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (Rumah makan Wong Solo Cabang Tebet). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Griffin. (2000). Management. Penerjemah Gina Gania. (7th Ed.). Jakarta: Erlangga
Griffin. (2005) Costumer Loyality: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Penerjemah: Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
Gremler dan Brown. (2008). Marketing. Penerjemah: Hasan Ali. Yogyakarta: Medpress
Gaspersz, V. (2005). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Oranisasi Bisnis dan Pemerintah. Gramedia: Jakarta.
Hak cipta dari setiap artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini dipegang oleh penulis. Penulis memberikan kepada jurnal hak non-eksklusif untuk menerbitkan dan mendistribusikan artikel tersebut, serta mengizinkan pihak ketiga untuk menggunakan artikel tersebut selama penggunaan tersebut menyebutkan penulis asli dan sumber publikasi.
Semua konten dalam jurnal ini tersedia di bawah lisensi Creative Commons Attribution (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan pihak lain mendistribusikan, mengubah, memperbaiki, dan membangun karya jurnal ini, membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan pengakuan yang sesuai kepada penulis asli dan sumber publikasi serta melisensikan ciptaan turunan dibawah syarat yang serupa.
Penulis mempertahankan hak untuk:
- Membuat dan mendistribusikan salinan dari artikel yang diterbitkan dalam bentuk cetak atau digital kepada rekan kerja, kolaborator, atau pihak ketiga lainnya.
- Memasukkan artikel tersebut dalam tesis atau disertasi.
- Menggunakan seluruh atau sebagian artikel tersebut dalam buku atau karya lainnya.
- Menggunakan ilustrasi atau data dari artikel tersebut dalam karya masa depan.
Dengan menyerahkan artikel ke jurnal ini, penulis setuju dengan persyaratan hak cipta yang diuraikan di atas.