PENGARUH FREKUENSI TERHADAP EFFISIENSI DAN REGULASI TEGANGAN TRANSFORMATOR

  • Lucianus Handri Gunanto Politeknik Negeri Samarinda
  • Rizky Aprylianto Susilo Politeknik Negeri Samarinda
  • Subir Subir Politeknik Negeri Samarinda
  • Arbain Arbain Politeknik Negeri Samarinda
  • Qomaruddin Qomaruddin Politeknik Negeri Samarinda
  • Yohanes Suban Peli Politeknik Negeri Kupang
  • Rocky Yefrenes Dillak

Abstract

Transformator didesain untuk bekerja pada frekuensi kerja tertentu. Penentuan frekuensi kerja transformator berkaitan dengan penentuan tegangan kerja, jumlah lilitan pada belitan transformator dan ukuran inti. Effisiensi dan regulasi tegangan merupakan watak transformator yang perlu diketahui dalam kaitannya dengan penerapan transformator dalam sistem tenaga listrik.


Penelitian dilakukan dengan mengoperasikan transformator 50 Hz pada beberapa frekuensi tertentu yaitu 30 Hz, 40 Hz, 50 Hz, 60 Hz, 70 Hz, 80 Hz, 90 Hz dan 100 Hz. Sumber listrik yang frekuensinya dapat diatur diperoleh dengan mengatur putaran generator sinkron. Pengaturan putaran dilakukan dengan mengatur putaran motor arus searah sebagai penggerak generator. Tegangan, arus dan faktor daya disisi primer dan sekunder transformator diukur dan digunakan untuk menghitung effisiensi dan regulasi tegangan. Effisiensi dan regulasi tegangan untuk masing-masing frekuensi diperbandingkan.


Data hasil penelitian memperlihatkan bahwa frekuensi mempengaruhi effisiensi transformator. Effisiensi transformator menjadi lebih rendah apabila transformator dioperasikan bukan pada frekuensi kerjanya. Pengaruh frekuensi terhadap effisiensi transformator terlihat jelas apabila transformator berbeban ringan. Regulasi tegangan transformator dipengaruhi frekuensi. Regulasi tegangan transformator menjadi lebih besar apabila transformator dioperasikan bukan pada frekuensi kerjanya.



Author Biographies

Lucianus Handri Gunanto, Politeknik Negeri Samarinda

 

Rizky Aprylianto Susilo, Politeknik Negeri Samarinda

 

Subir Subir, Politeknik Negeri Samarinda

 

Arbain Arbain, Politeknik Negeri Samarinda

 

Qomaruddin Qomaruddin, Politeknik Negeri Samarinda

 

Yohanes Suban Peli, Politeknik Negeri Kupang

 

Published
2023-06-23
How to Cite
GUNANTO, Lucianus Handri et al. PENGARUH FREKUENSI TERHADAP EFFISIENSI DAN REGULASI TEGANGAN TRANSFORMATOR. Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 60-65, june 2023. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/1074>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1074.
Section
Articles