PENGARUH PELEPASAN ELEKTRON ELEKTODA JARUM BERJARAK TERHADAP PERILAKU PLASMA PADA REAKTOR BERTEKANAN RENDAH

  • David Suban Koten Politeknik Negeri Kupang
  • Mikael Namas Politeknik Negeri Kupang
  • Yudi Antoniu Berr Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Plasma merupakan gas yang terionisasi, yaitu substansi yang elektron-elektronnya keluar dari orbit tiap atom dan dapat dibuat dengan cara memanaskan gas atau dengan cara memaparkan medan elektromagnetik yang cukup kuat menggunakan laser atau pembangkit gelombang mikro. Dalam penelitian ini diulas bagaimana merancang generator plasma tegangan tinggi, sehingga dapat memasok tegangan arus searah (DC) untuk membangkitkan plasma di dalam ruangan reaktor yang berisi gas argon tekanan rendah.penelitian ini juga dilakukan analisa tegangan breakdown sampai ditemukan plotting hubungan antara tegangan breakdown dengan tekanan gas dan jarak antar elektroda. Diharapkan plotting tersebut bisa disesuaikan dengan kurva sesuai dengan Hukum Paschen dan mendapatkan hasil yang mendekati kurva ideal.


 Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bentuk dan perilaku plasma serta debet plasma yang di hasilkan dari pelepasan elektron elektroda berbentuk jarum yang di tempatkan dalam reaktor bertekakan rendah dengan  jarak tertentu untuk dapat menghasilkan debet plasma yang signifikan,sehingga nantinya hasil dari penelitian ini bisa dilakukan penelitian lanjutan  yakni penerapan plasma dalam bidang industri, pertanian dan elektro medik.


Author Biographies

David Suban Koten, Politeknik Negeri Kupang

 

Mikael Namas, Politeknik Negeri Kupang

 

Yudi Antoniu Berr, Politeknik Negeri Kupang

 

Published
2023-06-23
How to Cite
KOTEN, David Suban; NAMAS, Mikael; BERR, Yudi Antoniu. PENGARUH PELEPASAN ELEKTRON ELEKTODA JARUM BERJARAK TERHADAP PERILAKU PLASMA PADA REAKTOR BERTEKANAN RENDAH. Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 76-82, june 2023. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/1077>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1077.
Section
Articles