RANCANG BANGUN FILTER AKTIF DAN PASIF UNTUK MEREDAM TERJADINYA HERMONIK PADA DESAIN PENYEARAH TERKENDALI 3 FASA DENGAN BEBAN MOTOR DC

  • David Suban Koten Politeknik Negeri Kupang
  • Yohanes Suban Peli Politeknik Negeri Kupang
  • Vian Alfa Reiwuty Politeknik Negeri Kupang

Abstract


Abstrak


Dalam   mengontrol tenaga listrik biasanya digunakan suatu konverter yang merubah tenaga listrik AC menjadi  DC dengan tegangan yang bervariabel, yakni berupa penyearah terkendali. Pada aplikasi ini biasanya digunakan komponen elektronika daya penyearah thyristor, dimana perubahan tegangan keluaran penyearah thyristor ini tergantung pada pengontrolan penyalaan dari thyristor. Namun adanya penggunaan konverter dalam sistem akan menimbulkan tegangan atau arus yang non-sinusoidal. Bentuk tegangan atau arus yang non-sinusoidal tersebut akan menghasilkan arus harmonik.


Harmonik merupakan salah satu fenomena gangguan sistem tenaga listrik karena terjadinya distorsi pada bentuk gelombang arus dan tegangan. distorsi pada arus dan tegangan  ini bersifat periodik dan disebabkan karena dihasilkannya komponen-komponen gelombanng dengan frekwensi berbeda dari gelombang fundamentalnya, oleh karena itu di butuhkan filter untuk mengurangi  besarnya harmonik yang timbul.


Penelitian ini bertujuan untuk  mengurangi riak frekwensi rendah pada sistem 3 fasa  serta menganalisa kinerja penyearah terkendali tiga fasa dengan menggunakan PSPICE ( Simutation program  With Integrated Circuit Emphasis)


Penelitian ini juga bertujuan untuk  melakukan analisis dan simulasi SPSPICE  perbandingan  kinerja filter hibrid dengan membandingakn hasil simulasi dengan pengujian laboratorium guna mengetahui berapa besar harmonik (THD),  Efisiensi, Faktor kerja dan Riak tegangan dan Arus pada sistem Tiga fasa.  Dengan diketahui kinerja dari filter hibrid yang di buat dalam penelitian ini, penelitian ini bisa dilakukan penelitian lanjutan yakni  mendesain filter hibrid pada sistem pembangkitan. Mengkompensasi harmonik pada sistem Tenaga listrik.


 



Published
2024-08-13
How to Cite
KOTEN, David Suban; PELI, Yohanes Suban; REIWUTY, Vian Alfa. RANCANG BANGUN FILTER AKTIF DAN PASIF UNTUK MEREDAM TERJADINYA HERMONIK PADA DESAIN PENYEARAH TERKENDALI 3 FASA DENGAN BEBAN MOTOR DC. Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 36-41, aug. 2024. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/1275>. Date accessed: 06 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/flash.v10i1.1275.
Section
Articles