INSTALASI DAN PENGUJIAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ROOFTOP SISTEM ON GRID

  • Daud Obed Bekak Politeknik Negeri Kupang
  • Ambrosius A. Tino Politeknik Negeri Kupang
  • David S. Kotten Politeknik Negeri Kupang
  • Michael G. Pae Politeknik Negeri Kupang
  • Aries Seubelan Politeknik Negeri Kupang
  • Yusuf Baitanu Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Abstrak


 


Pembuatan Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya system On Grid adalah proses atau cara membuat Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya beserta perangkat peralatan teknik beserta perlengkapan lainnya yang terkoneksi langsung dengan grid PLN. Sisitem ini dibuat dengan tujuan untuk penghematan energi karena dapat mengurangi nilai tagihan Listrik PLN.


Sistem ini dapat mengirim kelebihan daya yang dihasilkan kembali ke jaringan listrik PLN ketika sel surya memproduksi daya berlebih sehingga ada surplus untuk digunakan nanti. Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sistem On-Grid diharapkan memberikan pelayanan yang optimal serta memberikan pengontrolan terhadap pemakaian energi listrik sehingga berdampak pada penghematan biaya energi listrik.


Sistem rooftop On Grid konstruksinya pemasangan monting modul surya dan asseoriesnya harus dibuat kokoh dengan mengikuti kemiringan dari atap rumah, sistem instalasi juga diperhatikan untuk koneksi harus menggunakan konektor modul surya seperti MC4 untuk seri maupun MC4 Y untuk parallel.


         Pengujian ini hanya skala Laboratorium, karena sistem ini belum diterapkan untuk rumah tangga, peneliti hanya melihat peluang penghematan dari PLTS On Grid dan penggunaan listrik dari PLN di siang hari. Dengan penghematan ini tentunya akan menghemat biaya tagihan pemakaian listrik PLN. Instalasi sistem On Grid setelah dipasang/instalasi selanjutnya akan dilakukan pengujian dan menganalisis unjuk kerja system meliputi berapa besar produksi energi listrik dari PLTS dan kontribusi energi listrik dari PLN. Selanjutnya sistem akan dianalisis berapa besar energi di suplai  dan penghematan energi ketika beban disupalai oleh PLTS sistem  On-grid.


Kata Kunci             : Instalasi, modul surya ,On Grid

Published
2024-08-13
How to Cite
BEKAK, Daud Obed et al. INSTALASI DAN PENGUJIAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ROOFTOP SISTEM ON GRID. Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 51-55, aug. 2024. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/1280>. Date accessed: 06 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/flash.v10i1.1280.
Section
Articles