RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA KUPANG

  • Mardhalia Saitakela Stikom Uyelindo Kupang

Abstract

Perpustakaan adalah salah satu tempat akses informasi yang sangat penting. Salah satu langkah agar berhasil dan tidaknya berbagai macam proses yang dilakukan seseorang maka perlu adanya kegiatan membaca, oleh karena itu perlu dikembangkan budaya giat membaca bagi  masyarakat Indonesia pada umumnya sehingga  bisa lebih maju satu langkah kedepan.


            Perpustakaan daerah Kota Kupang masih banyak kekurangan dalam hal manajemen pengelolaan yang berhubungan dengan pengelolaan buku. Semua pengelolaan kegiatan peminjaman dan pengembalian buku masih dilakukan dengan pencatatan biasa oleh petugas pada satu buku induk perpustakaan, hal ini sangat memakan waktu yang cukup lama dan tidak efisien serta sulitnya petugas mengetahui jenis dan jumlah buku yang belum dikembalikan oleh peminjam. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan membangun aplikasi yang dapat membantu petugas dalam hal mempermudah dalam proses pencatatan daftar buku serta pencarian informasi ketersediaan buku dan pengembalian buku oleh peminjam serta dapat melihat banyaknya minat pembaca yang menggunakan fasilitas perpustakaan.


            Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah berupa aplikasi manajemen perpustakaan pada badan perpustakaan daerah kota Kupang.

Published
2015-12-12
How to Cite
SAITAKELA, Mardhalia. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA KUPANG. Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 25-29, dec. 2015. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/14>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.32511/flash.v1i1.14.
Section
Articles