RANCANG BANGUN SISTEM TRAFFIC COUNTING DAN DETEKSI KECEPATAN KENDARAAN BERBASISKAN WIRELESS SENSOR NETWORK (WSN)

  • Sumartini Dana Politeknik Negeri Kupang
  • Indranata Utama Panggalo Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Permasalahan lalu lintas telah menjadi sebuah masalah yang sangat serius bagi perkotaan. Jaringan jalan yang tidak memiliki konsep jaringan yang memadai, mengakibatkan pilihan rute menuju suatu kawasan menjadi terbatas sehingga beban jalan-jalan tertentu menjadi sedemikian padatnya. Hal ini diperparah dengan jumlah kendaraan yang terus meningkat


Pembuatan sistem untuk klasifikasi, counting kendaraan dan kecepatan rata-rata menggunakan AMR sensor, seluruh pemrosesan dilakukan di mikrokontroler. Metode yang digunakan untuk klasifikasi kendaraan, menggunakan decision tree dengan algoritma pembangunnya C4.5. Data result dikirimkan ke komputer menggunakan media wireless zigbee, secara point to point, tiap 5 menit. Interface sederhana di komputer akan menampilkan total volume kendaraan, jumlah klasifikasi kendaraan berdasarkan group dan kecepatan rata-rata. Hasil pengujian sistem untuk klasifikasi kendaraan, berdasarkan besarnya persentasi error dibandingkan dengan perhitungan secara manual. Sedangkan untuk pengiriman data, berdasarkan delay per jarak dan jarak maksimal pengiriman data yang diterima dengan baik.

Published
2015-12-12
How to Cite
DANA, Sumartini; PANGGALO, Indranata Utama. RANCANG BANGUN SISTEM TRAFFIC COUNTING DAN DETEKSI KECEPATAN KENDARAAN BERBASISKAN WIRELESS SENSOR NETWORK (WSN). Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 30-42, dec. 2015. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/15>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.32511/flash.v1i1.15.
Section
Articles