STUDI KELAYAKAN PRAKTEK PERANCANGAN INSTALASI MESIN LISTRIK PADA LABORATORIUM MESIN-MESIN LISTRIK POLITEKNIK NEGERI KUPANG

  • Rusman Sinaga Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Studi kelayakan praktek perancangan instalasi mesin listrik pada Laboratorium Mesin Mesin Listrik Politeknik Negeri Kupang bertujuan untuk mengetahui kelayakan sarana dan prasarana Laboratorium Mesin Mesin Listrik khususnya tingkat kelayakan pemakaian sarana peralatan listrik untuk praktek perancangan instalasi mesin listrik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, observasional dan evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian keseluruhan komponen baik sarana maupun prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan praktek perancangan instalasi mesin listrik masih dalam kategori layak dengan tingkat pencapaian kelayakan maksimum 75, 52 %. Komponen penelitian yang paling rendah adalah peralatan utama dalam pelaksanaan praktek perancangan instalasi mesin listrik dengan tingkat pencapaian kelayakan 52, 33%. Komponen penelitian yang paling tinggi adalah prasarana ruang Laboratorium Mesin Mesin Listrik dengan tingkat pencapaian 87, 75%.

Published
2018-06-01
How to Cite
SINAGA, Rusman. STUDI KELAYAKAN PRAKTEK PERANCANGAN INSTALASI MESIN LISTRIK PADA LABORATORIUM MESIN-MESIN LISTRIK POLITEKNIK NEGERI KUPANG. Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 37-47, june 2018. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/209>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/flash.v4i1.209.
Section
Articles