RANCANG BANGUN KENDARAAN LISTRIK

  • Zilman Syarif Politeknik Negeri Kupang
  • Mochammad Ali Politeknik Negeri Kupang
  • Aris Sumule Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Sinar matahari yang sangat melimpah di Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki dampak
yang dirasakan di perairan NTT adalah suhu dan temperatur udara pada siang hari mencapai
34 derajat celsius, suhu panas sangat dirasakan terutama di Kupang, pada siang hari tepat
pukul 12.00 WITA, temperatur udara di sebagian besar wilayah NTT seperti Kupang dan
sekitarnya mencapai 34 derajat Celsius. Kondisi tersebut berbeda dengan hari-hari biasanya di
mana temperatur minimum NTT 32-33 derajat Celsius, kondisi alam ini (suhu naik hingga 34-
35 derajat celsius) terjadi karena matahari berada di titik kulminasi atau tepat di atas Kota
Kupang.
Kondisi suhu panas yang dirasakan di Kupang selama ini dapat dimanfaatkan sebagai
pembangkit tenaga listrik, hal ini telah dibuktikan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Kupang Nusa
Tenggara Timur (NTT) yaitu dengan memanfaatkan solar cell untuk lampu jalan yang terbukti
mampu menghemat pembayaran tagihan listrik untuk lampu jalan sebesar Rp.1 miliar per bulan.
Penghematan ini diperoleh setelah dipasang 541 unit lampu jalan di Kupang dengan
menggunakan panel surya dari jenis lampu LED (laigth emmiting diode) dengan daya 23-35
watt .(detikfinance, 14/6/2011).
Kendaraan Motor Listrik yang dijalankan dengan tenaga listrik DC (direct current)
menggunakan accu (baterai) sebagai sumbernya yang diperoleh dari hasil pengisian melalui
listrik AC (alternating current) yang telah disearahkan dan atau dari panel surya (Solar Cell)
atau tenaga matahari. Panel surya merupakan komponen yang sangat penting karena dapat
mengubah sinar matahari menjadi energi listrik yang kemudian disimpan di dalam baterai.
Selanjutnya digunakan untuk menggerakkan motor DC yang terhubung dengan sistem penggerak
roda berupa kombinasi geer, sistem penggerak ini akan memberikan daya gerak yang
menggerakkan kendaraan solar cel ini yang bergantung pada beberapa hal seperti kecepatan
motor, putaran penggerak, berat kendaraan dan lain-lain.
Tujuan jangka panjangnya adalah : 1) Untuk menyediakan kendaraan yang tidak
memerlukan bahan bakar minyak dan bersih dari polusi karena menggunakan listrik DC dan
tenaga matahari melimpah di NTT terutama untuk kendaraan yang dapat diantar-pulaukan
mengingat NTT terdiri dari pulau-pulau kecil dan besar dan tidak semua pulau memiliki pangkalan
bahan bakar minyak; 2) Aplikasi penggunaan panel solar cell dapat dikembangkan lagi seperti
untuk pengairan pada lahan yang kesulitan air dimusim kemarau yaitu dengan membuat pompa
air bertenaga matahari dan kemanfaatan lainya.
Tujuan Khusus :
Berdasarkan fenomena di atas, maka tujuan khusus dari penelitian ini adalah : 1) Untuk membuat
model Kendaraan Motor Listrik (kendaraan) dengan tenaga solar cell; 2) Untuk merancang
penggunaan solar cell sebagai sumber daya untuk Kendaraan Motor Listrik DC; 3) Untuk
mengevaluasi penggunaan motor dan sistim geer yang sesuai dan aman.
Untuk mencapai tujuan penelitian, dilakukan penelitian secara bertahap selama 2 (dua)
tahun dengan rincian sebagai berikut :
Tahun I : Perancangan Kendaraan Motor Listrik (Kendaraan) dengan tenaga listrik DC
(direct current) dan sistem transmisi geer mekanik. Penelitian Tahun I terdiri dari dua tahap,
yaitu Tahap (1) Perancangan dan pembuatan rangka Kendaraan Motor Listrik dengan penggerak
mekanik dan motor listrik DC. Dan Tahap (2) Uji kelayakan jalan (jarak tempuh) dan kecepatan
serta kemampuan motor DC Pada Penelitian Tahap I Dengan sistem pengaturan kecepatan.
Tahun II : Perancangan Kendaraan Motor Listrik (Kendaraan) dengan tenaga listrik DC
(direct current) dari Solar Cell dan penyesuaian sistem transmisi geer mekanik. Penelitian
Tahun II juga terdiri dari dua tahap, yaitu Tahap (1) Perancangan dan pemasangan Solar Cell
rangka Kendaraan Motor Listrik dengan penggerak mekanik yang disesuaikan dengan sistem
transmisi geer mekanik terhadap motor listrik DC yang digunakan. Dan Tahap (2) Uji kelayakan
jalan (jarak tempuh) dan kecepatan serta kemampuan motor DC dengan sumber Solar Cell
Pada Penelitian Tahap I Dengan menggunakan sistem pengaturan kecepatan

Published
2016-12-01
How to Cite
SYARIF, Zilman; ALI, Mochammad; SUMULE, Aris. RANCANG BANGUN KENDARAAN LISTRIK. Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 59-75, dec. 2016. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/26>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/flash.v2i2.26.