SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN GEDUNG SERBAGUNA MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE ANALITICHAL HIERARCHY PROCCES (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) DI KOTA MALANG

  • Gamma Fitrian Permadi Universitas Negeri Malang
  • Triyanna Widiyaningtyas Universitas Negeri Malang
  • Irawan Dwi Wahyono Universitas Negeri Malang

Abstract

Dalam kegiatan indoor, diperlukan sebuah gedung untuk menampung kegiatan tersebut baik acara pribadi ataupun orgasnisasi. Namun banyak masyarakat yang tidak tahu letak serta informasi-informasi tentang gedung tersebut. Saat ini untuk mengetahui informasi gedung tersebut, pada umumnya masyarakat mencari informasi dengan mendatangi gedung tersebut. Pencarian informasi tersebut akan memakan biaya, waktu, dan tenaga, dan hal ini akan membingungkan pengguna untuk menentukan pilihannya karena tidak semua informasi sarana dan prasarana gedung diketahui. Tujuan penelitian ini adalah untuk merekomendasikan gedung serbaguna yang sesuai dengan keinginan masyarakat. Proses pengumpulan data dilakukan dengan survei terhadap 20 gedung serbaguna di Kota Malang. Setelah data didapat maka dilakukan pengelompokkan data sesuai dengan bobot yang akan digunakan didalam perhitungan metode. Sistem ini menggunakan kombinasi dari algoritma Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk perhitungan bobot, dan Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk perhitungan perangkingan data gedung. Pengujian pada sistem ini meliputi uji sensitivitas dan akurasi berdasarkan perbandingan perankingan survei menurut orang dengan ranking sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata sensitivitas dengan lima uji coba adalah 0,00352 dan akurasi sistem sebesar 80 %.

Published
2020-09-21
How to Cite
PERMADI, Gamma Fitrian; WIDIYANINGTYAS, Triyanna; WAHYONO, Irawan Dwi. SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN GEDUNG SERBAGUNA MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE ANALITICHAL HIERARCHY PROCCES (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) DI KOTA MALANG. Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 18-23, sep. 2020. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/678>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/flash.v5i2.678.
Section
Articles