PEMBUATAN MODUL PRAKTIKUM SISTEM KONTROL PADA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA POLITEKNIK NEGERI KUPANG

  • R Rochani Politeknik Negeri Kupang
  • Joao Da Silva Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Modul praktikum sangat penting sekali, karena peralatan praktikum akan memudahkan mahasiswa melakukan praktek. Modul praktikum sengaja dibuat untuk menambah peralatan praktek pada laboratorium elektronika dan control. Selama ini peralatan yang ada di Laboratorium Elektronika belum pernah ada, sehingga perlunya modul ini dibuat.


Tujuan utama dalam pembuatan modul alat praktek adalah untuk mempermudah instruktur dalam memberikan materi praktikum  kepada mahasiswa. Manfaat modul peralatan praktek ini agar dapat mudah dipahami oleh mahasiswa semester II, III, dan IV dalam paraktek system control maupun otomatisasi pengaturan.


Modul peralatan yang telah terpasang akan diuji satu persatu untuk menentukan kebenaran setiap komponen, sumber tegangan yang disediakan ada dua macam yaitu sumber tegangan tiga phasa dan satu phasa. Tegangan R-S, S-T, dan T-R masing-masing phasa harus sama dengan 380 volt dan tegangan R-N, S-N, dan T-N masing-masing harus 220 volt. Tegangan tiga phasa untuk menggerakkan motor tiga phasa, sedangkan tegangan satu phasa digunakan untuk rangkaian control.


Modul ini isinya beberapa kumpulan fisik yang diatur sedemikian rupa sehingga tertata rapi, tetapi belum saling berhubungan antara komponen satu dengan komponen lainnya. Modul ini akan berfungsi apabila komponen-komponen tersebut dirangkai menjadi satu system sehingga dapat dioperasikan dan dikontrol baik secara manual maupun secara otomatis.


Kata Kunci: MCB, Push Buttom, Relay Kontaktor, Time Relay, TOR, lampu indikator

Published
2020-12-01
How to Cite
ROCHANI, R; DA SILVA, Joao. PEMBUATAN MODUL PRAKTIKUM SISTEM KONTROL PADA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA POLITEKNIK NEGERI KUPANG. Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 75-79, dec. 2020. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/723>. Date accessed: 28 july 2021. doi: https://doi.org/10.32511/jiflash.v4i1.204.
Section
Articles