RANCANG BANGUN SISTEM UJIAN SEMESTER COMPUTER BASED TEST (CBT) DAN IMPLEMENTASI DI KAB. DELISERDANG (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 KUTALIMBARU)

  • Wilson Pardosi Program Studi Sistem Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Dini MH Hutagalung Program Studi Sistem Informasi Univerisitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Burhanuddin Damanik Program Studi Sistem Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Riah Ukur Ginting Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Abstract

SMK Negeri 1 Kutalimbaru adalah sekolah menengah atas yang terletak di Pasar IX No. 100, Glugur Kuta - Sawit Rejo, di Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara. Selama proses akademik sekolah masih menggunakan metode konvensional yaitu metode pembelajaran kegiatan kelas. Selama ujian, para guru membagikan semua ujian kertas di kelas, dan siswa menjawab pertanyaan di kertas. Kondisi ini cenderung memungkinkan siswa untuk melihat jawaban temannya, proses penilaian ujian juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memprosesnya. Saat ini kita menghadapi pademic Covid-19 dan proses akademik khususnya proses belajar mengajar menggunakan sistem berani. Berdasarkan kondisi tersebut, maka peneliti memutuskan untuk merancang dan membuat aplikasi berbasis website CBT (Computer Based Test). Diharapkan dengan mendesain dan membuat aplikasi CBT proses ujian menjadi efektif dan efisien serta tanpa kertas. Yang terpenting, hasil ujian ini dalam waktu nyata. Peneliti menganalisis, merancang dan membuat serta menguji sistem CBT dengan menggunakan metode water fall. Peneliti menggunakan literatur yang diperbarui untuk mendukung teori, metode, observasi dan evaluasi penelitian. Semoga penelitian ini bermanfaat bagi sekolah SMK Negeri 1 Kutalimbaru

Published
2020-12-01
How to Cite
PARDOSI, Wilson et al. RANCANG BANGUN SISTEM UJIAN SEMESTER COMPUTER BASED TEST (CBT) DAN IMPLEMENTASI DI KAB. DELISERDANG (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 KUTALIMBARU). Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 89-93, dec. 2020. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/724>. Date accessed: 28 july 2021. doi: https://doi.org/10.32511/jiflash.v4i1.204.
Section
Articles