PENGARUH FILSAFAT ILMU KOMPUTER TERHADAP SMART CITY UNTUK MENDUKUNG REVOLUSI INDUSTRI 4.0 SECARA ONTOLOGI

  • Riah Ukur Ginting Program Doktor Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sumatera Utara
  • Muhammad Zarlis
  • Zulkifli Nasution

Abstract

Filsafat ilmu adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakekat segala sesuatu untuk memperoleh kebenaran yang berkaitan secara substansial maupun historis. Kelahiran suatu ilmu tidak dapat dipisahkan dari peranan filsafat, hal ini berlaku bagi semua disiplin ilmu termasuk bidang ilmu komputer. Ilmu komputer saat sekarang ini sangat berkembang dengan dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0 seperti smart technology,smart city, dan lain-lain.


Smart City merupakan penerapan konsep kota cerdas dengan pemanfaatan teknologi dan komunikasi untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang lebih baik. Peneltian ini membahas  tentang pengaruh filsafat ilmu komputer terhadap smart city untuk mendukung revolusi industri 4.0 secara ontologi yang kaitan dengan hubungan filosofi dan sejarahnya, dari perkembangan sampai menjadi penggunaan teknologi di masa depan.


 Filsafat ilmu komputer terhadap smart city dapat membentuk karakter manusia (character building) yang mengarah kepada penggunaan kemajuan teknologi informasi berbasis revolusi industri 4.0. Karakter manusia di bina dalam pemakaian TIK pada smart city.




Author Biographies

Riah Ukur Ginting, Program Doktor Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sumatera Utara

 

Muhammad Zarlis

 

Zulkifli Nasution

 

Published
2023-01-05
How to Cite
GINTING, Riah Ukur; ZARLIS, Muhammad; NASUTION, Zulkifli. PENGARUH FILSAFAT ILMU KOMPUTER TERHADAP SMART CITY UNTUK MENDUKUNG REVOLUSI INDUSTRI 4.0 SECARA ONTOLOGI. Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-7, jan. 2023. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/948>. Date accessed: 30 apr. 2024.
Section
Articles