RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) LATIHAN KERJA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

  • November Mesakh Politeknik Negeri Kupang
  • Rocky Yefrenes Dillak
  • Lita Ndoloe Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Latihan Kerja Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki tiga tahap dalam menyelenggarakan kegiatan yaitu, pelatihan, sertifikasi dan penempatan. Selama ini Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Latihan Kerja Provinsi Nusa Tenggara Timur telah menyelenggarakan pelatihan dan telah menghasilkan banyak lulusan bahkan ribuan lulusan yang telah menerima sertifikat, namun pengelolaan data masih dilakukan secara manual berupa tumpukan kertas dari pengumpulan data calon peserta pelatihan yang mendaftar, dan juga data peserta aktif yang telah mengikuti kegiatan, sehingga menyebabkan kurang maksimalnya kinerja pengolahan data dari kegiatan yang di laksanakan. Untuk meminimalkan kesulitan dari masalah dalam pengolahan data peserta pelatihan, maka penulis tertarik untuk mengambil judul “Rancang Bangun Sistem Informasi Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Latihan Kerja Provinsi Nusa Tenggara Timur Berbasis Web”.
Pengembangan sistem yang dilakukan dengan dua tahapan yaitu, tahap metodelogi pengumpulan data yang terdiri dari Interview, studi lapangan, studi literature dan tahap yang akan dilakukan selanjutnya adalah pengembangan perangkat lunak dengan metode waterfall yang meliputi tahapan Requirement (Analisis Kebutuhan), Design System (Desain Sistem), Coding dan Testing (Penulis kode program/implemention), Intergration dan Testing (Penerapan/Pengujian Program ), Operation dan Maintenance (Pemeliharaan). Sistem informasi dibuat dengan menggunakan PHP laravel sebagai bahasa script, MySQL sebagai database, Flowchart dan Konteks diagram sebagai desain sistem dan ERD sebagai pemodelan struktur data. Dengan adanya sistem informasi pada balai latihan kerja, diharapkan dapat mempercepat proses pengelolaan data sehingga dapat menghemat waktu serta dapat meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik.



Author Biographies

November Mesakh, Politeknik Negeri Kupang

 

Lita Ndoloe, Politeknik Negeri Kupang

 

Published
2023-02-05
How to Cite
MESAKH, November; DILLAK, Rocky Yefrenes; NDOLOE, Lita. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) LATIHAN KERJA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Ilmiah Flash, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 93-108, feb. 2023. ISSN 2614-1787. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/997>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/flash.v8i2.997.
Section
Articles