ANALISIS EFEKTIVITAS RETRIBUSI PARKIR DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA KUPANG

  • Mahalia Lolita Maisal Politeknik Negeri Kupang
  • Nonce Farida Tuati Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Penyelengaraan perparkiran membawa dampak penguatan pendapatan daerah melalui retribusi, dimana retribusi parkir untuk pemerintah Kota Kupang merupakan salah satu sumber pendapatan yang potensial untuk membiayai pembangunan kota. Dengan semakin berkembangnya pembangunan, pertumbuhan penduduk, peningkatan jumlah kendaraan bermotor dan mobilitas masyarakatnya yang tinggi maka jumlah objek parkir dan retribusi parkir kendaraan juga meningkat. Tingkat kontribusi retribusi parkir terhadap Pendapatan Asli Kota Kupang masih sangat kecil dan masuk dalam kategori “Relatif tidak memiliki kontribusi” terhadap pendapatan asli daerah. Dinas Pendapatan Daerah Kota Kupang dan dinas (SKPD) yang terkait dibidang retribusi parkir dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya membayar parkir dengan tujuan menjadi pemasukan/pendapatan untuk daerah kota kupang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-25
How to Cite
MAISAL, Mahalia Lolita; TUATI, Nonce Farida. ANALISIS EFEKTIVITAS RETRIBUSI PARKIR DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA KUPANG. JAKA - Jurnal Jurusan Akuntasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 17-31, aug. 2017. ISSN 2528-0651. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jaka/article/view/85>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles