ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA HOTEL CAHAYA BAPA

  • Deetje Wieske Manuain Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Pada era globalisasi ini, persaingan bisnis perhotelan semakin ketat, karena itu usaha perhotelan perlu dikelola oleh seorang manejer yang mampu dan professional dalam meningkatkan kinerja perusahaan terutama kinerja keuangannya. Menurut syakroza ( 2000:21 ), bahwa parameter yang sering digunakan dalam penilaian kinerja perusahaan adalah menggunakan pendekatan keuangan. Jadi untuk menilai kondisi keuangan dan kinerja perusahaan, dapat dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan dengan beberapa tolok ukur. tolok ukur yang sering digunakan adalah ratio. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Bagaimana analisis laporan keuangan terhadap kinerja keuangan Hotel Cahaya Bapa Kupang”.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis laporan keuangan terhadap kinerja keuangan Pada Hotel Cahaya Bapa Kupang. Penelitian ini dilaksanakan pada dilaksanakan pada Hotel Cahaya Bapa, yang beralamat di Jln. Herewila Naikoten II Kupang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan metode dokumentasi, dan teknik analisa data yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, artinya menganalisa data dengan cara menghitung rasio profitabilitas yaitu dengan menggunakan Return On Asset ratio (ROA), Return On Equity ratio (ROE) dan Return On Investment ratio (ROI), dan rasio likuiditas yaitu dengan menggunakan current ratio


Hasil penelitian melalui perhitungan ratio profitabilitas yang terdiri dari Return On Asset ratio (ROA) untuk tahun 2012 sebesar 14,43%, Return On Equity ratio (ROE) untuk tahun 2012 sebesar 13,87 % dan Return On Investment ratio (ROI) untuk tahun 2012 sebesar 12,99% sedangkan untuk perhitungan ratio likuiditas yaitu dengan menggunakan current ratio untuk tahun 2012 sebesar 1,90. Merujuk pada Kepmen BUMN No KEP-100/MBU/2002 skor yang distandarkan untuk Return On Asset ratio (ROA) = 18 < ROA, Return On Equity ratio (ROE) = 20 < ROE dan Return On Investment ratio (ROI) = 18 < ROI sedangkan untuk current ratio =125<=X, sehingga kinerja keuangan Hotel Cahaya Bapa Kupang dalam tahun 2012 tergolong Sehat dengan predikat AA.


Kesimpulan peneliti adalah Hasil kinerja keuangan tahun 2012 menunjukan bahwa Hotel Cahaya Bapa Kupang berada pada kondisi “Sehat” dengan predikat “AA” dan


Hotel Cahaya Bapa Kupang berusaha untuk setiap tahun dapat meningkatkan laba dan juga merenovasi gedung hotel sehingga dapat bersaing dengan hotel-hotel lainnya.


Saran peneliti berdasarkan hasil yang diperoleh tentang kinerja keuangan dalam penelitian ini adalah pimpinan atau manajemen perusahaan harus mempertahankan dan juga lebih meningkatkan ROE sehingga penggunaan modal sendiri dapat memberi keuntungan bagi perusahaan, meningkatkan ROI sehingga penggunaan aktiva akan menghasilkan laba, meningkatkan ROA sehingga penggunaan aktiva akan menghasilkan laba bersih, dan meningkatkan Current Ratio sehingga perusahaan mampu membayar hutang lancar dengan menggunakan aktiva lancar yang digunakan untuk operasi perusahaan dan meningkatkan kinerja keuangan yang lebih baik lagi.


Saran berikunya yaitu Hotel Cahaya Bapa Kupang diharapkan dapat terus melaksanakan analisis kinerja keuangan secara berkala setiap tahunnya agar dapat mengetahui dan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-25
How to Cite
MANUAIN, Deetje Wieske. ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA HOTEL CAHAYA BAPA. JAKA - Jurnal Jurusan Akuntasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 56-65, aug. 2017. ISSN 2528-0651. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jaka/article/view/89>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles