PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS DAN PENGENAAN SANKSI ADMINISTRASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK REKLAME KOTA KUPANG

  • Novita Charolin Bay Politeknik Negeri Kupang
  • Selfesina Samadara Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Pajak Reklame adalah sebagai salah satu sumber pendapatan daerah yang berperan penting bagi anggaran dan belanja daerah, pajak reklame diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi kelangsungan pembangunan daerah. Pelayanan fiskus yang baik diharapkan mampu meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan ngenai pengaruh kualitas pelayanan fiskus dan pengenaan sanksi administrasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak reklame kota kupang diketahui bahwa Kualitas pelayanan fiskus berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak reklame. Hal ini menunjukan bahwa makin tinggi kualitas pelayanan fiskus, maka kepatuhan wajib pajak pun akan tinggi, Sanksi administrasi pajak tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak reklame kota kupang. Hal ini menunjukan bahwa setiap kenaikan pengenaan sanksi administrasi pajak akan menurunkan kepatuhan wajip pajak dalam membayar pajak reklame, Kemampuan variabel independen ini menjelaskan besarnya pengaruh terhadap variabel dependen sebesar 40,4%, sementara 59,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-25
How to Cite
BAY, Novita Charolin; SAMADARA, Selfesina. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS DAN PENGENAAN SANKSI ADMINISTRASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK REKLAME KOTA KUPANG. JAKA - Jurnal Jurusan Akuntasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 66-79, aug. 2017. ISSN 2528-0651. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jaka/article/view/90>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles