MODEL PENCIPTAAN LAPANGAN PEKERJAAN MELALUI PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL PADA KECAMATAN KELAPA LIMA KOTA KUPANG

  • Hapsa Usman Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan kelapa lima yang memiliki 6 kelurahan dengan luas wilayah 15,31 KM2 dan jumlah penduduk 61.411 orang. Dengan memiliki banyak kekhasan lokal yang dapat di bina dan di manfaatkan menjadi ekonomi lokal bagi peningkatan pendapatan masyarakat dan daerah yang bersangkutan. Hasil pertanian, kerajinan kerajinan, home industri seperti gula lempeng dan sebagainya dapat dikembangkan menjadi daya tarik ekonomi lokal baik pada tataran daerah maupun nasional.
Penelitian ini dilaksanakan pada 3 kelurahan yang ada di di Kecamatan kelapa lima dengan obyek potensi usaha masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi potensi sumberdaya ekonomi lokal yang berdaya tarik, berdaya saing tinggi dan berpotensi menciptakan lapangan pekerjaan. Data dikumpulkan melalui focus group discussion dengan masyarakat. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif pendekatan Analisa SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak sektor usaha yang secara berturut-turut adalah : perikanan, perdagangan, industri rumah tangga dan jasa, pertanian dan peternakan sangat menjanjikan karena lokasi daerahnya sangat strategis. Ditinjau dari Jenis produk unggulannya berupa hasil Kelautan berupa ikan, makanan & minuman tradisional, kerajinan gula lempeng, jasa fotocopy dan Rental serta rumah makan. Hasil analisa SWOT menjelaskan bahwa ada beberapa kekuatan dan kelemahan masyarakat ekonomi lokal yakni sumber daya ekonomi lokal sangat potensi dan jumlah bahan baku serta tenaga kerja yang melimpah namun tidak adanya perhatian dan dukungan dari pemerintah dalam mengembangkan masyarakat didaerah ini, sementara itu peluang Dan ancaman yang ada di kecamatan kelapa lima diantaranya adalah minat dan kebutuhan masyarakat semakin banyak dan daya saing semakin tinggi. Untuk itu perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak antara lain pemerintah, Bank, Lsm, Perguruan Tinggi dan Pengusaha dalam mengembangkan dan meningkatkan masyarakat ekonomi Lokal ini.

Published
2017-08-25
How to Cite
USMAN, Hapsa. MODEL PENCIPTAAN LAPANGAN PEKERJAAN MELALUI PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL PADA KECAMATAN KELAPA LIMA KOTA KUPANG. Jaka - Jurnal Jurusan Akuntasi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 45-60, aug. 2017. ISSN 2528-0651. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jaka/article/view/95>. Date accessed: 18 oct. 2018.
Section
Articles