Kebijakan Plagiarisme

Jurnal Teknik Sipil (JUTEKS) mengakui bahwa plagiarisme tidak dapat diterima oleh semua penulis dan karenanya menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan spesifik (hukuman) ketika plagiarisme diidentifikasi oleh pendeteksian perangkat lunak anti-plagiarisme JUTEKS dalam sebuah artikel yang dikirimkan untuk publikasi .

“Plagiarisme menyalin teks atau ide orang lain dan meneruskan materi yang disalin sebagai karya Anda sendiri. Anda diwajibkan mendelegasikan (yaitu, memisahkan dan mengidentifikasi) teks yang disalin dari teks anda dan memberikan kredit kepada (yaitu, mengutip sumber) sumber teks yang disalin untuk menghindari tuduhan plagiarisme. Plagiarisme dianggap penipuan dan memiliki konsekuensi yang berpotensi berat termasuk kehilangan pekerjaan, kehilangan reputasi, dan penurunan jabatan atau kegagalan dalam pendidikan.

Definisi plagiarisme ini berlaku untuk teks dan ide yang disalin:

  1. terlepas dari sumber teks atau ide yang disalin
  2. terlepas apakah penulis (s) dari teks atau ide yang telah Anda salin benar-benar menyalin teks atau ide dari sumber lain
  3. terlepas dari apakah atau tidak kepengarangan dari teks atau ide yang Anda salin dikenal
  4. terlepas dari sifat teks Anda (makalah / artikel jurnal, halaman web, bab buku, makalah yang diajukan untuk kursus perguruan tinggi, dll) di mana Anda menyalin teks atau ide
  5. terlepas apakah penulis sumber materi yang disalin memberikan izin untuk materi yang akan disalin; dan
  6. terlepas dari apakah anda atau bukan penulis sumber teks atau ide yang disalin (self-plagiarism).

Ketika plagiarisme diidentifikasi oleh perangkat lunak, Dewan Editorial bertanggung jawab atas peninjauan artikel dan akan menyetujui langkah-langkah sesuai dengan sejauh mana plagiarisme yang terdeteksi dalam artikel sesuai dengan pedoman berikut:

Plagiarisme Ringan

Sebuah kalimat kecil atau paragraf pendek dari naskah lain dijiplak tanpa ada data atau ide penting yang diambil dari makalah atau publikasi lain.

Hukuman: Peringatan diberikan kepada penulis dan permintaan untuk mengubah naskah dan mengutip sumber asli dengan tepat.

Plagiarisme Menengah

Sebuah data penting, paragraf, atau kalimat dari sebuah artikel dijiplak tanpa kutipan yang tepat ke sumber aslinya.

Hukuman: Artikel yang dikirimkan ditolak secara otomatis.

Plagiarisme Berat

Sebagian besar artikel dijiplak yang melibatkan banyak aspek seperti mereproduksi hasil asli (data, formulasi, persamaan, hukum, pernyataan, dll.), Gagasan, dan metode yang disajikan dalam publikasi lain.

Hukuman: Makalah ini ditolak secara otomatis dan penulis dilarang untuk mengirimkan artikel lebih lanjut ke jurnal.