Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pelanggan Menginap pada Aston Kupang Hotel & Convention Center
Abstract
Persaingan industri perhotelan dan penginapan semakin kompleks. Untuk dapat terus kompetitif, perusahaan dituntut agar meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pelanggan menginap di Aston Kupang Hotel & Convention Center tahun 2023. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 responden dengan menggunakan sampling incidental. Studi ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data dan dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana. Pengolaan data dalam studi ini dibantu dengan program SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y: 14.212 + 0,414. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan menginap pada Aston Kupang Hotel & Convention Center. Implikasinya: 1) Meskipun koefisien determinasi kualitas pelayanan rendah, namun hal ini masih dapat menjadi masukan bagi manajemen Aston Kupang Hotel untuk terus meningkatkan pelayananan yang ada. 2) Rendahnya koefisien determinasi kualitas pelayanan mengindikasikan perlu adanya penelitian berikutnya untuk memperhitungkan faktorfaktor lain yang mempengaruhi keputusan pelanggan menginap di hotel seperti fasilitas, harga dan nilai tambah, lokasi, komunikasi dan informasi.
References
makanan di Hotel Aston Rasuna Jakarta. Jurnal Hospitality dan pariwisata, 2(2).
Juliana, J., Tanujaya, T., & Nathaniel, N. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Hotel
Dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Pelanggan. JUDICIOUS, 2(1), 1-10.
Kotler, P. (2016). Marketing Management. 17th edition. Prentice Hall, New Jersey
Mariska, Z. H., & Shihab, M. S. (2016). Pengaruh dimensi service quality terhadap kepuasan
tamu hotel dan dampaknya terhadap behaviour intention (studi kasus pada hotel Aston
Kuningan suites-Jakarta). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 217-234.
Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan
konsumen pada Hotel Yuta di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi,
Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).
Murtini, N. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Price Fairness dan Promosi terhadap
Kepuasan Konsumen pada The Beach Restaurant di Kabupaten Badung. WidyaAmrita:
Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 4(1), 19-28.
Samadara, P. D., & Fanggidae, J. P. (2021). Kaitan Antara Kualitas Layanan, Komitmen dan
Loyalitas Konsumen pada Pusat Perbelanjaan Flobamora Mall Kupang. Jurnal Bisnis &
Manajemen, 5(02), 55-60.
Sitompul, D. F., Sutisna, M., & Pharmawati, K. (2013). Pengolahan limbah cair Hotel Aston
Braga City Walk dengan proses fitoremediasi menggunakan tumbuhan eceng gondok.
Jurnal Reka Lingkungan, 1(2), 105-114.
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi
Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia
Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 30-36.
Srijani, N., & Hidayat, A. S. (2017). Pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di aston
madiun hotel & conference center. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(1), 31-38.
Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono. 2016. Pemasaran Jasa. Jakarta: penerbit Bayumedia Puplishing.
Yusak Ansori. 2010. Manajemen strategik hotel (strategi meningkatkan inovasi dan kinerja).
Jakarta: penerbit Yayasan Bina Pustaka.
Hak cipta dari setiap artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini dipegang oleh penulis. Penulis memberikan kepada jurnal hak non-eksklusif untuk menerbitkan dan mendistribusikan artikel tersebut, serta mengizinkan pihak ketiga untuk menggunakan artikel tersebut selama penggunaan tersebut menyebutkan penulis asli dan sumber publikasi.
Semua konten dalam jurnal ini tersedia di bawah lisensi Creative Commons Attribution (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan pihak lain mendistribusikan, mengubah, memperbaiki, dan membangun karya jurnal ini, membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan pengakuan yang sesuai kepada penulis asli dan sumber publikasi serta melisensikan ciptaan turunan dibawah syarat yang serupa.
Penulis mempertahankan hak untuk:
- Membuat dan mendistribusikan salinan dari artikel yang diterbitkan dalam bentuk cetak atau digital kepada rekan kerja, kolaborator, atau pihak ketiga lainnya.
- Memasukkan artikel tersebut dalam tesis atau disertasi.
- Menggunakan seluruh atau sebagian artikel tersebut dalam buku atau karya lainnya.
- Menggunakan ilustrasi atau data dari artikel tersebut dalam karya masa depan.
Dengan menyerahkan artikel ke jurnal ini, penulis setuju dengan persyaratan hak cipta yang diuraikan di atas.