PENGARUH PESAN IKLAN DI MEDIA TELEVISI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK DAIA PADA MAYARAKAT KELURAHAAN OESAPA RT 012 RW 005 KECAMATAN KELAPA LIMA KOTA KUPANG
Abstract
Penelitian berjudul“Pengaruh Pesan Iklan Dimedia Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Daia (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Di OesapaRT. 012 RW. 005 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang)”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pesan iklan terhadap minat beli.Populasi dalam penelitian ini Pada Masyarakat Kelurahan Di OesapaRT. 012 RW. 005 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang yang berjumlah 126 kepala keluarga dan sampel yang diambil sebanyak 56 orang responden menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling aksidental.
Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa semua item instrumen dalam penelitian ini adalah valid dan relibel. Variabel pesan iklan memiliki kontribusi/sumbangan sebesar 20% terhadap minat beli (R Square =0,20). Persamaan regresi yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu Y= 10,506+ 0,411X. Berdasarkan hasil penelitian yang diadakan ini maka diketahui bahwa variabel bebas yakni pesan ikan berpengaruh positif terhadap variabel terikat yakni minat beli, dimana setiap kenaikan variable pesan iklan akan diikuti pula oleh variabel minat beli.
Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh antara variabel pesan iklan terhadap minat beli dengan nilai t hitung> t table (5,564> 2,003).Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu Ada pengaruh pesaniklan terhadap minat beli Pada Masyarakat Kelurahan Di Oesapa RT. 012 RW. 005 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.
References
Durianto, Darmadi dan C. Liana. 2004.“Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumer Decision Model.” Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol. 11, No. 1, pp.35-55.
Fanggidae, J. P. (2019). Relationships between advertising value and dimensions of advertising. The International Journal of Social Sciences World (TIJOSSW), 1(01), 48-57.
Haryani 2006 ‘’ pengaruh harga,produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian rinso konsumen ibu rumah tangga dikecamatan gebang kabupaten purworejo.’’
Hapsari, 2010 : 36. Periklanan produk, brand. Jakarta,Erlangga
Indriantoro, Nur. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : BPFE.
Jefkins, F. 1996 Media Periklanan. Jakarta : Erlangga
Kusmayadi, Endar Sugiarto. 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan.Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. 6 ed. Jakarta: Erlangg
Luh Dwi Mariyanti dan Gede Bayu Rahanatha 2015. “Pengaruh Celebrity Endorsers Dan Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Krim Walls Magnum Belgium Chocolate” Jurnal Manajemen, Vol. 4, No. 10,.
Mulyawati, S., Handayani, B., & Sudiartha, H. (2020). The Relationship between Celebrity Endorsement, Brand Experience, Brand Love, and Brand Emotional Value of Nature Republic Cosmetics. The International Journal of Social Sciences World (TIJOSSW), 2(01), 85-94.
Riduwan, 2005.Skala Pengukuran Variabel–Variabel, cetakan kedua. Jakarta: PT.Erlangga.
Setiadi. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana
Shimp. Terence A. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi 5 Jilid 1. Jaksarta Erlangga.
Situmorang, J.R.2008. “Mengapa Harus Iklan?”Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.4, No.1.
Sudarmanto, Gunawan. 2005. Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta
Hak cipta dari setiap artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini dipegang oleh penulis. Penulis memberikan kepada jurnal hak non-eksklusif untuk menerbitkan dan mendistribusikan artikel tersebut, serta mengizinkan pihak ketiga untuk menggunakan artikel tersebut selama penggunaan tersebut menyebutkan penulis asli dan sumber publikasi.
Semua konten dalam jurnal ini tersedia di bawah lisensi Creative Commons Attribution (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan pihak lain mendistribusikan, mengubah, memperbaiki, dan membangun karya jurnal ini, membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan pengakuan yang sesuai kepada penulis asli dan sumber publikasi serta melisensikan ciptaan turunan dibawah syarat yang serupa.
Penulis mempertahankan hak untuk:
- Membuat dan mendistribusikan salinan dari artikel yang diterbitkan dalam bentuk cetak atau digital kepada rekan kerja, kolaborator, atau pihak ketiga lainnya.
- Memasukkan artikel tersebut dalam tesis atau disertasi.
- Menggunakan seluruh atau sebagian artikel tersebut dalam buku atau karya lainnya.
- Menggunakan ilustrasi atau data dari artikel tersebut dalam karya masa depan.
Dengan menyerahkan artikel ke jurnal ini, penulis setuju dengan persyaratan hak cipta yang diuraikan di atas.