PENGARUH PESAN IKLAN DI MEDIA TELEVISI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK DAIA PADA MAYARAKAT KELURAHAAN OESAPA RT 012 RW 005 KECAMATAN KELAPA LIMA KOTA KUPANG

  • Jefrinson Tuati Politeknik Negeri Kupang
  • Stella Sahetapy Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Penelitian berjudul“Pengaruh Pesan Iklan Dimedia Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Daia  (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Di OesapaRT. 012 RW. 005 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang)”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pesan iklan terhadap minat beli.Populasi dalam penelitian ini Pada Masyarakat Kelurahan Di OesapaRT. 012 RW. 005 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang  yang berjumlah 126 kepala keluarga dan sampel yang diambil sebanyak 56 orang responden menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling aksidental.


Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa semua item instrumen dalam penelitian ini adalah valid dan relibel. Variabel pesan iklan memiliki kontribusi/sumbangan sebesar 20% terhadap minat beli (R Square =0,20). Persamaan regresi yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu Y= 10,506+ 0,411X. Berdasarkan hasil penelitian yang diadakan ini maka diketahui bahwa variabel bebas yakni pesan ikan berpengaruh positif terhadap variabel terikat yakni minat beli, dimana setiap kenaikan variable pesan iklan akan diikuti pula oleh variabel minat beli.


Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh antara variabel pesan iklan terhadap minat beli dengan nilai t hitung> t table (5,564> 2,003).Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu Ada pengaruh pesaniklan terhadap minat beli Pada Masyarakat Kelurahan Di Oesapa RT. 012 RW. 005 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian ; suatu pendekatan Praktek.Jakarta : Rineka Cipta.
Durianto, Darmadi dan C. Liana. 2004.“Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumer Decision Model.” Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol. 11, No. 1, pp.35-55.
Fanggidae, J. P. (2019). Relationships between advertising value and dimensions of advertising. The International Journal of Social Sciences World (TIJOSSW), 1(01), 48-57.
Haryani 2006 ‘’ pengaruh harga,produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian rinso konsumen ibu rumah tangga dikecamatan gebang kabupaten purworejo.’’
Hapsari, 2010 : 36. Periklanan produk, brand. Jakarta,Erlangga
Indriantoro, Nur. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : BPFE.
Jefkins, F. 1996 Media Periklanan. Jakarta : Erlangga
Kusmayadi, Endar Sugiarto. 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan.Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. 6 ed. Jakarta: Erlangg
Luh Dwi Mariyanti dan Gede Bayu Rahanatha 2015. “Pengaruh Celebrity Endorsers Dan Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Krim Walls Magnum Belgium Chocolate” Jurnal Manajemen, Vol. 4, No. 10,.
Mulyawati, S., Handayani, B., & Sudiartha, H. (2020). The Relationship between Celebrity Endorsement, Brand Experience, Brand Love, and Brand Emotional Value of Nature Republic Cosmetics. The International Journal of Social Sciences World (TIJOSSW), 2(01), 85-94.
Riduwan, 2005.Skala Pengukuran Variabel–Variabel, cetakan kedua. Jakarta: PT.Erlangga.
Setiadi. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana
Shimp. Terence A. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi 5 Jilid 1. Jaksarta Erlangga.
Situmorang, J.R.2008. “Mengapa Harus Iklan?”Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.4, No.1.
Sudarmanto, Gunawan. 2005. Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta
Published
2020-06-30
How to Cite
TUATI, Jefrinson; SAHETAPY, Stella. PENGARUH PESAN IKLAN DI MEDIA TELEVISI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK DAIA PADA MAYARAKAT KELURAHAAN OESAPA RT 012 RW 005 KECAMATAN KELAPA LIMA KOTA KUPANG. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 18-26, june 2020. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/361>. Date accessed: 26 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v2i2.56.
Section
Articles