ANALISA PENGGUNAAN PUBLIC FIGURE SEBAGAI ENDORSER DAN ASOSIASI MERK PRODUK MINUMAN BERENERGI

  • Jappy P Fanggidae Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Kupang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan public figure sebagai endorser terhadap asosiasi merek dari konsumen untuk produk minuman berenergi. Penelitian ini berlangsung selama kurang lebih dua bulan yakni bulan Agustus hingga Oktober 2019 yang dilaksanakan di Kota Kupang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan desain riset yang digunakan yaitu deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen di Kota Kupang yang pernah menyaksikan iklan produk minuman berenergi. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-probability sample dengan mengambil sampel secara Convenience sampling. Dari hasil analisis kolerasi diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan public figure sebagai endorser dengan asosiasi merek

References

Aaker, D. A. (2009). Managing brand equity: simon and schuster.
Batilmurik, R. W., & Lao, H. A. (2016). Pengembangan model ekonomi kreatif bagi masyarakat di daerah objek wisata bahari kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 1(1), 1-11.
Budhiana, N. (2012). Coca-Cola Ramaikan Minuman Berenergi. Antara Bali. Retrieved from https://bali.antaranews.com/berita/25969/coca-cola-ramaikan-minuman-berenergi
Dani, A. G. (Producer). (2011, Desember 30). Persaingan Merk Lokal di Pasar Minuman Energi. Kompasiana. Retrieved from http://ekonomi.kompasiana.com/marketing/2011/12/30/persaingan-merk-lokal-di-Pasar-Minuman-Energi
Fanggidae, J. P. (2012). Efektifitas Iklan Televisi dan Internet. MITRA, 1(1), 1-8.
Fanggidae, J. P. (2019). Relationships between advertising value and dimensions of advertising. The International Journal of Social Sciences World, 1(01), 48-57.
Kotler, P. (2002). Marketing Management Millenium Edition: Pearson Custom.
Mulyawati, S., Handayani, B., & Sudiartha, H. (2020). The Relationship between Celebrity Endorsement, Brand Experience, Brand Love, and Brand Emotional Value of Nature Republic Cosmetics. The International Journal of Social Sciences World (TIJOSSW), 2(01), 85-94.
Noach, R. M., Sahetapy, S. Y., Samadara, P. D., & Batilmurik, R. W. (2018). Perbandingan penerapan strategi generik porter pada pembiayaan industri mobil bekas antara Bank Perkreditan Rakyat dan lembaga finance di kota Kupang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 3(1), 11-22.
Samadara, P. D., & Fanggidae, J. P. (2020). The Role of Perceived Value and Gratitude on Positive Electronic Word of Mouth Intention in the Context of Free Online Content. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(10), 391–405. doi:http://doi.org/10.5281/zenodo.3753785
Schiffman, L., & Kanuk, L. (2014). Consumer Behavior, Global Edition: Global Edition: Pearson Higher Ed.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach: John Wiley & Sons.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Bahasa Indonesia, jilid 1, edisi 5: Jakarta: Erlangga.
Sugiyono, D. (2008). Metode penelitian bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.
Published
2020-06-30
How to Cite
FANGGIDAE, Jappy P. ANALISA PENGGUNAAN PUBLIC FIGURE SEBAGAI ENDORSER DAN ASOSIASI MERK PRODUK MINUMAN BERENERGI. Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 1-7, june 2020. ISSN 2477-2801. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/657>. Date accessed: 03 july 2020. doi: https://doi.org/10.32511/bisman.v2i2.56.
Section
Articles