Analisis Kinerja Ruas Jalan Timor Raya Akibat Aktivitas Pasar Oesao Kabupaten Kupang (Di Masa Pandemi)

Main Article Content

Deasi Delfiani Anastasia Arisandi Daud Anie A. Tuati Yacob V. Hayer

Abstract

Abstrak


Kapasitas dan kinerja jalan akan berkurang karena adanya aktivitas pasar pada samping jalan. Saat masa Pandemi Covid-19 jumlah volume kendaraan yang melintas mengalami penurunan sementara yang disebabkan oleh adanya peraturan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar. Namun berdasarkan pengamatan dilapangan, peneliti mengemukakan bahwa kondisi ruas jalan Timor Raya sudah kembali ramai karena pemerintah sudah berlakukan era new normal, dan aktivitas lain seperti pertokoan dan kantor pada area pasar sudah kembali beroperasi sehingga lebar jalan yang tersita oleh aktivitas pasar tentu mengurangi kemampuan jalan tersebut atau terjadi penurunan kapasitas ruas jalan. Penelitian ini menggunakan Pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Hasil Penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pengaruh aktivitas pasar pada ruas jalan Timor raya Oesao Pada masa Pandemi Covid 19 menimbulkan adanya hambatan samping sehingga kapasitas ruas jalan menjadi berkurang yaitu kapasitas jalan mempunyai nilai sebesar 2090,02 smp/jam dan Setelah melakukan analisa data akhir dimana diasumsikan penghilangan hambatan samping terbesar berupa kendaraan parkir diperoleh nilai kapasitas sebesar 2859,0288 smp/jam.


Kata kunci: Jalan Timor Raya, Kinerja Jalan, Covid 19, MKJI 1997.

Article Details

How to Cite
DAUD, Deasi Delfiani Anastasia Arisandi; TUATI, Anie A.; HAYER, Yacob V.. Analisis Kinerja Ruas Jalan Timor Raya Akibat Aktivitas Pasar Oesao Kabupaten Kupang (Di Masa Pandemi). JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 04-08, apr. 2023. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/1011>. Date accessed: 27 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v8i1.1011.
Section
Articles

References

Efendi, S. (2020), “Analisis Studi Kinerja Ruas Jalan Akibat Aktivitas pasar (Studi Kasus: Pasar Keru –Narmada Lombok Barat).Universitas Muhammadiyah Mataram.
Funan, G. A. (2014). “Studi Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping di Jalan Timor Raya Depan Pasar Oesao Kabupaten Kupang, Universitas Undana Kupang.”
Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Tahun 1997, Direktorat Jenderal Bina Marga Pekerjaan Umum, Jakarta.
Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Senduk, Kezia, dkk, 2018. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Raya Kota Tomohon (Studi Kasus: Persimpangan Jl. Pesanggrahan – Persimpangan Jl. Pasuwengan), Jurnal Teknik Sipil, Vol.6 No 7 pp. 461 – 470, Universitas Sam Ratulangi Manado.
Utami, I. (2020). “Analisa Dampak Covid 19 Terhadap Lalu Lintas Di Kawasan Transmart Jalan Radial Kota Palembang, Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Palembang”.
Widyarini, G., & Pratiwi, Y. I. (2020). “Analisis Hambatan Samping Pada Ruas Jalan Didepan Stasiun Poncol Kota Semarang (Studi Kasus Masa Pandemi Covid-19)”. Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi,16(2),172-176
Yadi, A. (2016). Analisi Kinerja Ruas Jalan Akibat Aktivitas Pasar dan Sekolah (Studi Kasus Solihin Gp), Universitas Bangka Belitung.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.