Analisa Repetisi Ijin Pada Perkerasan Lentur Dengan Metode Mekanistik-Empiris (Studi Kasus : Ruas Jalan Cikkee-Lempongbangke Kabupaten Soppeng)

Main Article Content

Haerul Purnama Arman Hidayat

Abstract

Abstrak


Metode mekanistik empiris pada perencanaan perkerasan. mendasarkan desain pada sifat-sifat mekanis material yang berhubungan dengan input beban dan responnya terhadap pembebanan.. Nilai respon perkerasan pada metode mekanis empiris adalah nilai tegangan dan regangan yang terjadi pada tiap lapisan yang dikontrol melalui parameter kegagalan guna menentukan nilai repetisi ijin berdasarkan tingkat kerusakan deformasi. kerusakan retak alur dan retak lelah pada lapisan Perkerasan. Mendasarkan pada hal itu maka dapat dilakukan evaluasi repetisi ijin perkerasan eksisting berdasarkan nilai kekuatan mekanis material perkerasan terbangun dan beban lalu-lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai repetisi ijin lapisan perkerasan dan membandingkannya dengan nilai repetisi desain. berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai repetisi ijin pada ruas Ruas Jalan Cikkee-Lempongbangke  untuk kerusakan retak lelah sebesar  20.273.645 ESAL. Kerusakan retak alur permukaan Sebesar 839.423 ESAL dan kerusakan deformasi permanen sebesar 2.443.336 ESAL. Nilai repetisi ijin ini masih cukup untuk mengakomodasi  nilai repetisi desain sebesar 800,000 ESAL.

Article Details

How to Cite
PURNAMA, Haerul; HIDAYAT, Arman. Analisa Repetisi Ijin Pada Perkerasan Lentur Dengan Metode Mekanistik-Empiris (Studi Kasus : Ruas Jalan Cikkee-Lempongbangke Kabupaten Soppeng). JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 115-119, oct. 2023. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/1053>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v8i2.1053.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.