Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Penambangan Tanah Liat Di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan

Main Article Content

Muh. Sucitra Amansah Istiawati Darwis Muhammad Dwiyanto Agung Prakasa

Abstract

Penambangan Tanah Liat PT. Semen Tonasa di Kecamatan Ma’rang akan menimbulkan penurunan kinerja ruas jalan karena bahan galian hasil tambang tanah liat akan diangkut melalui jalan umum yang juga digunakan oleh masyarakat untuk beraktivitas. Kinerja ruas jalan digunakan untuk mengevaluasi permasalahan lalu lintas pada suatu jalan dan digambarkan berdasarkan tingkat kejenuhan lalu lintas yang melalui ruas jalan tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah penggabungan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada saat operasional penambangan, utamanya saat mengangkut hasil galian tambang tanah liat, terjadi penambahan volume lalu lintas yang signifikan tetapi tidak mengubah tingkat pelayanan jalan berdasarkan Indeks tingkat pelayanan jalan. Jika dipersentasekan, kontribusi penambahan volume lalu lintas dari pengangkutan hasil galian tambang pada ruas jalan di sekitar lokasi rata-rata sebesar 7,43% dari total volume lalu lintas pada rentang tahun prediksi. Walaupun tidak mengubah tingkat pelayanan jalan, kegiatan ini tetap berpotensi menimbulkan gangguan lalu lintas berupa tundaaan dan perlambatan kendaraan.

Article Details

How to Cite
AMANSAH, Muh. Sucitra; DARWIS, Istiawati; PRAKASA, Muhammad Dwiyanto Agung. Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Penambangan Tanah Liat Di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 127-133, oct. 2023. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/1059>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v8i2.1059.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.