KAJIAN KOEFISIEN ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN BETON K350 DAN K400 SESUAI KARAKTERISTIK DENGAN MENGGUNAKAN MATERIAL BATU, PASIR EX TAKARI DAN PORTLAND CEMENT (PC) EX KUPANG

Main Article Content

Rachmad Djoko Siswoyo Stefen Ndun Ambrosius Raha Lelang Wayan

Abstract

Sampai saat ini perhitungan harga satuan pekerjaan beton yang di pakai sebagai dasar acuan di kalangan jasa konstruksi masih memakai dasar perhitungan BOW dan SNI, tanpa mengetahui komposisi campuran yang sebenarnya. Sedangkan dari pihak konsultan perencana pelaksanaan pengecoran beton harus sesuai hasil perhitungan struktur salah satunya penetapan karakterik beton (K) sesuai persyaratan hasil perhitungan perencanaan. Sedangkan para pelaksana fisik pekerjaan (kontraktor) harus mengadakan uji laboraorium untuk mengetahui komposisi campuran sesuai material yang akan dipakai dimana pekerjaan tersebut dilaksanakan dengan harus mencapai karakteristik beton yang diinginkan. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap masing-masing material yang tersedia, dengan demikian sangat mempengaruhi terhadap indeks koefisen analisa untuk menghitung harga satuan pekerjaan beton. Hasil analisis sesuai uji material di laboratorium sesuai Karakteristik Beton K350 material Pasir Takari dan Portland Cement ( PC) Ex Kupang perbandingannya adalah 1.14 Portland Cement : 1,66 Pasir : 1,94 Batu Pecah dan untuk mutu beton sesuai Karakteristik Beton K400 material Pasir Takari dan Portland Cement ( PC) Ex Kupang perbandingannya adalah 1,19 Portland Cement : 1,29 Pasir : 2,10 Batu Pecah. Sedangkan nilai indeks koefisien analisa pekerjaan harga satuan beton sesuai Karakteristik Beton Mutu K400 dengan memakai material Pasir Takari dan Portland Cement (PC) Ex Kupang adalah Semen = 9,640 Zak, Pasir =1,585M3, Batu Pecah =1,624 M3,Pekerja = 7,200 Orang /Hari, Tukang = 1,200 Orang/Hari, Mandor = 0,360 Orang/Hari, Kepala Tukang = 0,120 Orang /Hari. Adapun nilai indeks koefisien untuk pekerjaan Beton Mutu K400 dengan memakai material Pasir Takari dan Portland Cement ( PC) Ex Kupang adalah Semen = 9,690 Zak, Pasir =1,352M3, Batu Pecah = 1,758 M3, Pekerja = 7,200 Orang/Hari, Tukang= 1,200 Orang/Hari, Mandor=0,360 Orang/Hari. Dengan demikian hasil penelitian ini sebagai acuan perhitungan satuan pekerjaan beton sesuai ketersediaan material yang tersedia di Kabupaten Kupang dan Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain itu sebagai masukan kepada Pabrik Semen Kupang untuk menjaga mutu dan kualitas produk yang dihasilkan. Hal ini untuk mempertahankan mutu karena semen Kupang merupakan aset daerah salah satunya yang berada di Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Article Details

How to Cite
SISWOYO, Rachmad Djoko; NDUN, Stefen; WAYAN, Ambrosius Raha Lelang. KAJIAN KOEFISIEN ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN BETON K350 DAN K400 SESUAI KARAKTERISTIK DENGAN MENGGUNAKAN MATERIAL BATU, PASIR EX TAKARI DAN PORTLAND CEMENT (PC) EX KUPANG. JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 57-67, nov. 2017. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/110>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v1i2.110.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.