ANALISA KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR JALAN NIKI-NIKI - OENLASI

Main Article Content

Yosefus Conterius

Abstract

Kinerja jalan sebagai prasarana transportasi darat merupakan faktor yang sangat penting dalam bidang perhubungan terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa. Kinerja infrastruktur jalan yang baik akan memberikan manfaat yang berarti bagi proses perkembangan wilayah, guna mencapai kinerja jalan dalam kondisi baik, salah satu upaya yang dilakukan yakni melakukan peningkatan infrastruktur jalan. Pengukuran sifat kerataan lapis permukaan jalan akan bermanfaat dalam usaha menentukan program rehabilitasi dan pemeliharaan jalan. Ruas Jalan Niki - niki - Oenlasi adalah ruas jalan yang berstatus Jalan Provinsi dengan fungsi menghubungkan Ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Timor Tengah Selatan di antaranya Kecamatan Ki'E, Kecamatan Amanatun Selatan, Kecamatan Boking, Kecamatan Noebana, Kecamatan Fautmolo, Kecamatan Nunkolo. Hal ini tentu mengindikasikan bahwa ruas jalan tersebut  merupakan prasarana transportasi darat yang menunjang tingkat perekonomian masyarakat pada daerah tersebut yang harus selalu memberikan pelayanan yang optimal bagi pengguna jalan, dalam arti harus selalu dalam kondisi baik dan mantap. Ruas Jalan Niki - niki - Oenlasi sebagai penghubung Kota Oenlasi (Ibu kota Kecamatan Amanatun Selatan, TTS) dengan Kota Niki - niki (Ibu kota Kecamatan Amanuban Tengah, TTS), saat ini tidak mampu lagi memberikan pelayanan yang optimal bagi pengguna jalan. Perlu tindakan untuk mengembalikan kondisi tingkat pelayanannya, salah satu upaya adalah melalui rekonstruksi dengan perkerasan baru dengan pertimbangan, dengan dibangunnya jalan tersebut diharapkan ruas jalan mampu melayani lalu lintas selama umur rencana  dan dapat menghubungkan Kota Niki - niki ke Kota Oenlasi melalui ruas jalan tersebut. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan metode Analisa Komponen pada ruas jalan Niki - niki - Oenlasi (KM04 S/D KM05) Kecamatan Amanuban Tengah di Kabupaten TTS maka diperoleh: a.) Tebal lapis Perkerasan HRS-Base adalah 5 cm. b) Tebal aggregat kelas A (pondasi atas) adalah 18 cm, c) Tebal aggregat kelas B (pondasi Bawah) adalah 10 cm. Hasil analisa perkiraan biaya pembangunan ruas jalan Niki - niki - Oenlasi (KM 04 S/D KM 05)  Kecamatan Amanuban Tengah di Kabupaten TTS adalah sebesar Rp. 2.661.370.000- (Dua Milyar Enam Ratus Enam Puluh Satu Juta Tiga Ratus Tujuh Puluh Ribu Rupiah).

Article Details

How to Cite
CONTERIUS, Yosefus. ANALISA KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR JALAN NIKI-NIKI - OENLASI. JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 107-113, nov. 2017. ISSN 2621-9786. Available at: <http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/114>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v1i2.114.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.